Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPERANAN MEDIA GAMBAR TERHADAP MINAT BELAJAR ANAK DIKOMPLEK B TK AISYIYAH BUSTANUL ATHIFAL VII KECAMATAN PALU TIMUR
Nama: APRIANI SALAM
Tahun: 2022
Abstrak
ABSTRAK APRIANI SALAM (2022). Peranan Media Gambar Terhadap Minat Belajar Anak Di Kelompok B TK Aisyiyah Bustanul Athfal VII Kecamatan Palu Timur. Hasil penelitian, Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Jurusan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako. Pembimbing (1) I Putu Suwika, (2) Fitriana. Permasalahan penelitian ini adalah tentang peranan media gambar terhadap minat belajar anak. Sehubungan dengan masalah tersebut, dilakukan penelitian yang bertujuan untuk meningkatkan minat belajar anak melalui media gambar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif. Subyek dalam penelitian ini berjumlah 15 orang anak, Terdiri dari 9 anak laki-laki dan 6 orang anak perempuan terdaftar pada tahun akademik 2020/2021. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan dokumentasi. Pengelolaan data dilakukan dengan teknik persentase. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan pada minggu pertama dan minggu keempat penggunaan media gambar aspek yang diamati aspek perhatian terdapat 0% menjadi 40% kategori ST, 6,66% menjadi 26,66% kategori T, 20% menjadi 20% kategori S, 73,33% menjadi 13,33% kategori R, dan aspek ketertarikan 0% menjadi 40% kategori ST, 13,33% menjadi 26,66% kategori T, 20% menjadi 20% kategori S, 66,66% menjadi 13,33% kategori R serta aspek mengerjakan tugas 0% menjadi 33,33% kategori ST, 6,66% menjadi 33,33% kategori T, 26,66% menjadi 20% kategori S, dan 66,66% menjadi 13,33% kategori R. Dapat di simpulkan bahwa ada peranan media gambar terhadap minat belajar anak. Kata Kunci : Media gambar, minat belajar, anak usia dini

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up