Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPERANAN MEDIA REALITATERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF DI KELOMPOK B TK AL-KHAIRAAT AL-HUDA TAMPA BATU KECAMATAN AMPANA TETE KABUPATEN TOJO UNA-UNA
Nama: ASMA SYAHRUDIN KARI
Tahun: 2019
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan kognitif anak di kelompok B TK Al-Khairaat Al-Huda Tampa Batu. Metode yang digunakan adalah deskripsi kualitatif. Subjek penelitian berjumlah 18 anak yang terdiri dari 10 anak laki-laki dan 8 orang anak perempuan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pengolahan data dilakukan dengan teknik presentase. Minggu pertama hasil penelitian peranan media realita terhadap kemampuan kognitif pada aspek kemampuan anak menyebutkan macam-macam sayuran, aspek mengelompokan sayuran berdasarkan jenisnya dan menghubungkan gambar dengan lambang bilangan kategori Berkembang sangat baik (BSB) (1,85%), kategori Berkembang Sesuai Harapan (BSH) (18,52%), kategori Mulai Berkembang (MB) (55,56%), kategori Belum Berkembang (BB) (24,07%). Kemudian pada minggu ketiga adapun hasil penelitian kemampuan anak menyebutkan macam-macam sayuran, mengelompokan sayuran berdasarkan jenisnya dan menghubungkan gambar berdasarkan jenisnya menunjukan peningkatan dengan kategori Berkembang Sangat Baik (BSB) 29,62%, kategori Berkembang Sesuai harapan (BSH) 37,03%, Kategori Mulai Berkembang (MB) 33,322%. Kategori Belum berkembang (MB) tidak ada anak dalam kategori ini. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa adanya peranan media realita terhadap kemampuan kognitif anak di kelompok B TK Al-Khairaat Al-Huda Tampa Batu, terbukti dari hasil pengamatan minggu pertama sampai minggu ketiga, yang menujukan peningkatan pada kategori BSB dan BSH dan adanya penurunan pada ketegori MB dan BB.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up