Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
Judul). Peranan Media Gambar Dalam Mengenalkan Konsep Bilangan Di Kelompok B TK Wid
Nama: Rika Novianti
Tahun: 2019
Abstrak
Permasalahan penelitian ini adalah kemampuan anak mengenal konsep bilangan belum berkembang sesuai harapan. Sehubungan dengan masalah tersebut, dilakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui peranan media gambar dalam mengenalkan konsep bilangan di kelompok B TK Widyatama Tadulako Palu. Pendekatan dalam penelitian ini adalah kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Subjek berjumlah 14 anak yang terdiri dari 5 anak laki-laki dan 9 anak perempuan. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pengelolaan data dilakukan dengan teknik presentase. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa minggu pertama hasil rekapitulasi rata-rata pada aspek membilang banyaknya gambar, menghubungkan lambang bilangan dengan gambar, dan mengurutkan bilangan dengan gambar, Kategori Berkembang Sangat Baik (BSB) 4,76% anak, kategori Berkembang Sesuai Harapan (BSH) 9,53% anak, kategori Mulai Berkembang (MB) 21,43% anak, dan kategori Belum Berkembang (BB) 64,28% anak. Selanjutnya, setelah minggu keempat dengan menggunakan media gambar hasil rekapitulasi pada aspek membilang banyaknya gambar, menghubungkan lambang bilangan dengan gambar, dan mengurutkan bilangan dengan gambar diperoleh rata-rata kategori Berkembang Sangat Baik (BSB) 16,67% anak, kategori Berkembang Sesuai Harapan (BSH) 52,57% anak, kategori Mulai Berkembang (MB) 21,43% anak, dan kategori belum berkembang (BB) 9,53% anak. Dapat disimpulkan bahwa ada peranan media gambar dalam mengenalkan konsep bilangan di Kelompok B Tk Widyatama Tadulako Palu.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up