Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPengaruh Metode Bermain Peran Terhadap Perilaku Sosial Anak Di Kelompok B1 PAUD Terpadu Sulawesi Permata Bangsa Tondo
Nama: Rindi Antika
Tahun: 2019
Abstrak
Rindi Antika . (2019). “Pengaruh Metode Bermain Peran Terhadap Perilaku Sosial Anak Di Kelompok B1 PAUD Terpadu Permata Bangsa Tondo”. Seminar Hasil, Program Studi Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (I) Andi Agusniatih (II) Sita Awalunisah Permasalahan dalam penelitian ini, yaitu anak kurang antusias dalam belajar sehingga anak kurang berkembang dalam perilaku sosialnya, hal tersebut disebabkan oleh guru lebih menekankan metode pembelajaran konvensional, sehingga anak tersebut cepat bosan mengikuti pelajaran didalam kelas. Sebagai alternatif dalam proses pembelajaran agar anak tidak cepat bosan dan guru juga tidak hanya menoton menggunakan proses pembelajaran sudah dilakukan, tidak mempunyai variasi sehingga menimbulkan rasa kebosanan pada anak. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Subjek penelitian ini yaitu anak di kelompok B1 PAUD Terpadu Permata Bangsa Tondo yang berjumlah 16 anak. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui lembar observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian sebelum menggunakan metode bermain peran, rekaptulasinya rata-rata, (6,3%) dalam kategori BSB, (8,3%) dalam kategori BSH, (35,41%) dalam kategori MB, dan (50%) dalam kategori BB. Sesudah menggunakan metode bermain peran, rekaptulasinya rata-rata (12,5%) kategori BSB, (33,33%) kategori BSH, (25%) kategori MB, dan (29,16%) kategori BB. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa pengaruh metode bermain peran dapat mengembangkan perilaku sosial anak di Kelompok B1 Paud Terpadu Sulawesi Permata Bangsa Tondo. Kata Kunci : Bermain Peran, Perilaku Sosial

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up