JudulPERANAN MEDIA GAMBAR TERHADAP NILAI MORAL ANAK PADA MASA PANDEMI COVID 19 DI KELOMPOK B TK MANDIRI TAMBARANA KECAMATAN POSO PESISIR UTARA |
Nama: SITI HARDIYANTI NGGAMAS |
Tahun: 2021 |
Abstrak ABSTRAK Siti Hardiyanti Nggamas (2015) “Peranan Media Gambar Terhadap Nilai Moral Anak Pada Masa Pandemi Covid 19 Di Kelompok B TK Mandiri Tambarana Kecamatan Poso Pesisir Utara”. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Jurusan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (I): Drs. I PutuSuwika, Pembimbing (II): Dr. Nurhayati. Masalah yang ditemukan dalam penelitian ini adalah nilai moral anak Pada Masa Pandemi Covid 19 belum berkembang sesuai harapan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peranan media gambar terhadap nilai moral anak. Metode penelitian ini adalah kualitatif sedangkan jenisnya deskriptif, Subyeknya seluru anak kelompok B TK Mandiri Tambarana berjumlah 20 anak. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Selanjutnya dianalisis dengan teknik presentase. Hasil penelitian sebelum diberikan perlakuan berperilaku jujur 4 anak (20%) kategori BSB, 4 anak (20%) kategori BSH, 5 anak (25%) kategori MB, 7 anak (35%) kategori BB. Kemampuan sopan santun 2 anak (10%) kategori BSB, 4 anak (20%) kategori BSH, 6 anak (30%) kategori MB, 8 anak (40%) kategori BB. Kemampuan menjaga kebersihan diri dan lingkungan 3 anak (15%) kategori BSB, 4 anak (20%) kategori BSB, 5 anak (25%) kategori MB, 8 anak (40%) kategori BB. Setelah diberikan perlakuan mengalami perkembangan yang signifikan, kemampuan berperilaku jujur 5 anak (25%) kategori BSB, 10 anak (50%) kategori BSH, 3 anak (15%) kategori MB, 2 anak (10%) kategori BB. Kemampuan sopan santun 6 anak (30%) kategori BSB, 7 anak (35%) kategori BSH, 4 anak (20%) kategori MB, 3 anak (15%) kategori BB. Kemampuan menjaga kebersihan diri dan lingkungan 8 anak (40%) kategori BSB, 6 anak (30%) kategori BSH, 3 anak (15%) kategori MB, 3 anak (15%) kategori BB. Dapat disimpulkan bahwa ada peranan media gambar terhadap nilai moral anak terbukti adanya pembiasaan berperilaku jujur, sopan santun, dan menjaga kebersihan diri dan lingkungan kategori berkembang sangat baik 31%, berkembang sesuai harapan 38%, mulai berkembang 16%, dan belum berkembang 13%. |