| JudulPENGARUH METODE BERCERITA TERHADAP KEMAMPUAN ANAK BERBAHASA DI KELOMPOK B TK SEJAHTERA SIDONDO I KECAMATAN SIGI BIROMARU KABUPATEN SIGI |
| Nama: Aprilian Sari |
| Tahun: 2019 |
| Abstrak ABSTRAK Aprilian Sari, (2019). “Pengaruh Metode Bercerita terhadap Kemampuan Anak Berbahasa Di Kelompok B TK Sejahtera Sidondo I Kecamatan Sigi Biromaru Kabupaten Sigi ”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing I : I Putu Suwika dan Pembimbing II: Aminah. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh metode bercerita terhadap kemampuan anak berbahasa di kelompok B TK Sejahtera Sidondo I. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif untuk menggambarkan kemampuan anak berbahasa sesungguhnya dan kemudian disimpulkan. Subyek penelitian ini, adalah siswa kelompok B Tk Sejahtera Sidondo I berjumlah 20 anak. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan teknik observasi, wawancara dan teknik dokumentasi. Selanjutnya, pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan persentase. Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan anak bercerita pada pengamatan minggu pertama dilihat dari tiga aspek yaitu penguasaan kosa kata, kemampuan bertanya, kemampuan bercerita, masih berada dikatergori belum Belum Berkembang BB. Setelah diberikan perlakuan dengan menggunakan metode bercerita, hasil pengamatan pada minggu keempat menunjukkan perkembangan yang signifikan yaitu darimketiga aspek nilai rata-rata mencapai 40%. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh metode bercerita terhadap kemampuan anak berbahasa di kelompok B TK Sejahtera Sidondo I kecamatan Sigi Biromaru Kabupaten Sigi. Kata Kunci: Metode Bercerita, Kemampuan Berbahasa. |