JudulPENGARUH MEDIA KARTU ANGKA BERGAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN ANAK MENGENAL KONSEP BILANGAN DI KELOMPOK A TK SAMPOROA TONDO KECAMATAN MANTIKULORE |
Nama: NI NYOMAN PADMA VIMALASARI |
Tahun: 2021 |
Abstrak ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan anak mengenal konsep bilangan di kelompok A Tk Samporoa DWP Tondo kecamatan mantikolure metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian eksperimen dengan jenis penelitian deskriptid. Subjek penelitian yaitu seluruh anak di kelompok A TK Samporoa DWP yang berjumlah 18 anak yang terdiri dari 7 anak lakiĀ¬-laki dan 11 anak perempuan. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian sebelum perlakuan pada aspek menghubungkan angka dengan gambar (11,11%) kategori BSB, (16,67%) kategori BSH, (27,78%) kategori MB, dan (44,44%) kategori BB. Aspek menulis jumlah gambar pistol (11,11%) kategori BSB, (11,11%) kategori BSH, (22,22%) kategori MB, dan (55,56%) kategori belum berkembang. Aspek menyebutkan angka 1-10 (11,11%) kategori BSB, (16,67%) kategori BSH, (27,78%) kategori MB dan (44,44%) kategori BB. Setelah menggunakan media kartu angka bergambar setelah diberi perlakuan kemampuan anak mengenal konsep bilangan meningkat secara signifikan, pada aspek menghubungkan angka dengan gambar (44,44%) kategori BSB, (38,89%) kategori BSH, (11.11%) kategori MB, dan (5,56%) kategori BB. Aspek menulis jumlah gambar pistol (38,89%) kategori BSB, (44,44%) kategori BSH, (11,11%) kategori MB, dan (5,56%) kategori belum berkembang. Aspek menyebutkan angka 1-10 (50,00%) kategori BSB, (44,44%) kategori BSH, (5,56%) kategori MB dan (00,00%) kategori BB. Maka dapat disimpulkan bahwa kemampuan anak mengenal konsep bilangan dapat ditingkatkan melalui media kartu angka bergambar. Kata Kunci : Media Kartu Angka Bergambar, Pengenalan Konsep Bilangan, Anak Usia Dini. |