JudulPENGARUH KEGIATAN KOLASE TERHADAP KREATIFITAS ANAK DI KELOMPOK B2 TK MELATI TONDO KECAMATAN MANTIKULORE |
Nama: Nurfaizin Fauziah |
Tahun: 2022 |
Abstrak Nurfaizin fauziah, (2018). Pengaruh Kegiatan Kolase Terhadap Kreativitas Anak Di Kelompok B2 TK Melati Tondo Kecamatan Mantikulore. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Jurusan Imlu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing (1) Muraeni Mursanib dan Pembimbing (2) Jane M. Monepa. Permasalah dalam penelitian adalah kreativitass anak belum berkembang sesua harapan. Upaya mengatasi masalah tersebut sudah dilakukan penelitian yang bertujuan untuk mengembangankan kreativitas anak melalui kegiatan kolase. Metode penelitian ini adalah Kuantitatif, subyek penelitian ini adalah seluruh anak kelompok B2 TK Melati Tondo Kecamatan Mantikulore yang berjumlah 20 anak didik, teknik pengumpulan data yaitu melalui observasi, dokumen dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian kreativitas anak sebelum diberikan perlakuan yaitu kreativitas anak mengombinasi terdapat 2 anak (10%) kategori BSB, 3 anak (15%) BSH, 3 anak (10%) MB, dan 12 anak (60%) BB. Membuat kolase secara mandiri 2 anak (10%) BSB, 3 anak (15%) BSH, 2 anak (10%) MB, 13 anak (65%). Kreativitas anak dalam mengajukan pertanyaan 1 anak (5%) BSB, 3 anak (15%) BSH, 2 anak (10%) BB. Membuat kolase secara mandiri 5 anak (25%) BSB, 7 anak (35%) BSH, dan 7 anak (35%) MB, serta 1 anak (5%) BB. Kreativitas anak dalam mengajukan pertanyaan 3 anak (15%) BSB, 6 anak (30%) BSh, 9 anak (45%) MB, 2 anak (10%) BB. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh kegitatan kolase terhadap kreativitas anak dikelompok B2 TK Melati Tondo Kecamatan Mantikulore. Kata Kunci : Kegiatan Kolase dan Kreativitas |