JudulPERANAN PERMAINAN LOMPAT TALI TERHADAP KEMAMPUAN MOTORIK KASAR ANAK DI KELOMPOK B TK HARAPAN BARU BALIASE |
Nama: RAHMITA NUR |
Tahun: 2019 |
Abstrak ABSTRAK Rahmita Nur. (2018). Peranan Permainan Lompat Tali Terhadap Kemampuan Motorik Kasar Anak di Kelompok B TK Harapan Baru Baliase. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, dan Universitas Tadulako, Pembimbing (I) Andi Agusniatih (II) Fitriana Penelitian ini yaitu tentang peranan permainan lompat tali terhadap kemampuan motorik kasar pada anak dikelompok B TK Harapan Baru Baliase. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif, dengan melibatkan 15 orang anak terdiri dari 7 anak laki-laki dan 8 anak perempuan. Tekhnik pengumpulan data dilakukan melalui (1) lembar observasi (2) wawancara dan (3) dokumentasi; Selanjutnya pengolaan data menggunakan teknik persentase. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa minggu pertama hasil rekapitulasi rata-rata, kategori Berkembang sangat Baik (BSB) sebanyak (6,66%), kategori Berkembang Sesuai Harapan (BSH) sebanyak (19,99%), kategori Mulai Berkembang (MB) sebanyak (33,33%), dan kategori Belum Berkembang (BB) sebanyak (39,99%). minggu kedua rekapitulasinya diperoleh rata-rata kategori Berkembang Sangat Baik (BSB) sebanyak (24,44%), kategori Berkembang Sesuai Harapan (BSH) sebanyak (42,22%), kategori Mulai Berkembang (MB) sebanyak (19,99%), dan kategori Belum Berkembang (BB) sebanyak (13,33%). Selanjutnya minggu ketiga hasil rekapitulasinya diperoleh rata-rata kategori Berkembang Sangat Baik (BSB) sebanyak (37,77%), kategori Berkembang Sesuai Harapan (BSH) sebanyak (31,10%), kategori Mulai Berkembang (MB) sebanyak (22,22%), dan kategori Belum Berkembang (BB) sebanyak (8,88%). dalam aspek keseimbangan melompat, kekuatan tubuh, dan kecepatan tubuh. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa ada peranan permainan lompat tali terhadap kemampuan motorik kasar anak. Kata Kunci: Permainan Lompat Tali, Kemampuan Motorik Kasar Anak. |