JudulPENGARUH METODE BERCERITA TERHADAP KEMAMPUAN ANAK BERBAHASA LISAN DI KELOMPOK B1 TK ISLAMMIYAH PANCASILA LABUAN LELEA KECAMATAN LABUAN |
Nama: SITI ARFAH |
Tahun: 2021 |
Abstrak ABSTRAK Siti Arfah (2019), pengaruh metode bercerita terhadap kemampuan anak berbagasa lisan.skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing (1) Dr. Andi Agusniatih, (2) Hj. Shofiyanti Nur Zuama. Masalah dalam penelitian yaitu kemampuan berbahasa lisan anak yang belum berkembang sesuai harapan.Berkaitan dengan masalah tersebut dilakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui ada pengaruh metode bercerita terhadap kemampuan berbahasa lisan anak. Metode penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Adapun subjek penelitian ini adalah seluruh anak di kelompok B1 TK Islammiyah Pancasila Labuan Lelea Kecamatan Labuan. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan teknik persentase. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa hasil rekapitulasi sebelum diberikan perlakuan memperoleh rata-rata pada kategori Berkembang Sangat Baik (BSB), sebanyak 6%, kategori Berkembang Sesuai Harapan (BSH) sebanyak 6%, kategori Mulai Berkembang (MB) sebanyak 26,33?n kategori Belum Berkembang (BB) sebanyak 59,67%. Hasil rekapitulasi sesuda diberikan perlakuan diperoleh rata-rata kategori Berkembang Sangat Baik (BSB) sebanyak 26%, kategori Berkembang Sesuai Harapan (BSH) sebanyak 35,33%, kategori Mulai Berkembang (MB) sebanyak 28,33%, dan Belum Berkembang (BB) 8,33%. Dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh metode bercerita terhadap kemampuan anak berbahasa lisan. Kata kunci: Metode Bercerita, Bahasa Lisan |