JudulPENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK DI KELOMPOK B1 PADA MASA COVID-19 DI TK BUNDA HATI KUDUS KOTA PALU |
Nama: JEIN |
Tahun: 2021 |
Abstrak ABSTRAK Jein (2021), Pengaruh Media Pembelajaran Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Di Kelompok B1 Pada Masa Covid-19 di TK Bunda Hati Kudus Kota Palu. skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing (1) Andi Agusniatih (2) Jane Mariem Monepa. Masalah dalam penelitian yaitu perkembangan kognitif anak yang belum berkembang sesuai harapan. Berkaitan dengan masalah tersebut dilakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui ada pengaruh media pembelajaran terhadap perkembangan kognitif anak dimasa pandemi covid-19. Metode penelitian ini adalah kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Adapun subjek penelitian ini adalah seluruh anak di kelompok B1 TK Bunda Hati Kudus Kota Palu. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan teknik persentase. Hasil penelitian sebelum perlakuan aspek mengenal lambang bilangan, terdapat 1 anak (7%) dalam ketegori (BSB), 1 anak (7%) dalam kategori (BSH), 2 anak (14%) dalam ketegori (MB) dan 10 anak (72%) dalam kategori (BB). Aspek menghubungkan lambang bilangan dengan gambar, terdapat 1 anak (7%) dalam kategori (BSB), 1 anak (7%) dalam kategori (BSH), 2 anak (14%) dalam kategori (MB), dan 10 anak (72%) dalam kategori (BB). aspek mewarnai media gambar sesuai tema, terdapat 1 anak (7%) dalam kategori (BSB), 2 anak (14%) dalam kategori (BSH), 1 anak (7%) dalam kategori (MB), dan 10 anak (72%) dalam kategori (BB). Kemudian setelah perlakuan, perkembangan kognitif anak ada peningkatan pada aspek mengenal lambang bilangan, terdapat 2 anak (14%) dalam kategori (BSB), 7 anak (51%) dalam kategori (BSH), 3 anak (21%) dalam kategori (MB), dan 2 anak (14%) dalam kategori (BB). Aspek menghubungkan lambang bilangan dengan gambar, terdapat 2 anak (14%) dalam kategori (BSB), 7 anak (51%) dalam kategori (BSH), 3 anak (21%) dalam kategori (MB), dan 2 anak (14%) dalam kategori (BB). Aspek mewarnai media gambar sesuai tema, terdapat 3 anak (21%) dalam kategori (BSB), 8 anak (58%) dalam kategori (BSH), 2 anak (14%) dalam kategori (MB), dan 1 anak (7%) dalam kategori (BB). Dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh media pembelajaran terhadap perkembangan kognitif anak pada masa pandemi covid-19. Kata kunci: Media Pembelajaran, Perkembangan Kognitif |