JudulHUBUNGAN KEGIATAN ORIGAMI DENGAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK DI KELOMPOK B1 TK AL-IQRO KELURAHAN DUYU |
Nama: Mariani |
Tahun: 2019 |
Abstrak Mariani (2019) “Hubungan Kegiatan Origami Dengan Kemampuan Motorik Halus Anak Di Kelompok B1 TK Al-Iqro kelurahan Duyu”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Jurusan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (I): Andi Agusniatih, Pembimbing (II): Besse Nirmala. Masalah dalam penelitian ini adalah kemampuan motorik halus anak belum berkembang sesuai harapan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan kegiatan origami dengan kemampuan motorik halus anak di kelompok B1 TK Al-Iqro Kelurahan Duyu. Teknik pengumpulan data yaitu teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil pengamatan pada minggu pertama pada aspek kelenturan jari jemari kategori BSB 0%, kategori BSH 22,22%, kategori MB 27,78%, kategori BB 50%, ketepatan jari jemari kategori BSB 0%, kategori BSH 16,67%, kategori MB 38,89%, kategori BB 44,44%. kecepatan gerak jari kategori BSB 0%, kategori BSH 22,22%, kategori MB 38,89%, kategori BB 38,89%, Selanjutnya pengamatan minggu ketiga, aspek kelenturan jari jemari kategori BSB 38.89%, kategori BSH 38,89%, kategori MB 22,22%, kategori BB 0%, ketepatan jari jemari kategori BSB 33,33%, kategori BSH 33,33%, kategori MB 33,33?n BB 0%. kecepatan gerak jari kategori BSB 22,22%, kategori BSH 55,55%, kategori MB 22,22%, kategori BB 0%. Dapat disimpulkan bahwa ada hubungan kegiatan origami dengan kemampuan motorik halus di Kelompok B1 TK Al-Iqro kelurahan Duyu. Bukti hasil pengamatan setelah dirata-ratakan minggu pertama dan minggu ketiga BSB 0% menjadi 31,48%, BSH 20,37% menjadi 42,59%, MB 35,18 menjadi 25,93%, BB 44,44% menjadi 0% Kata Kunci : Kemampuan Motorik Halus, Kegiatan Origami, Anak Usia Dini |