| JudulPENGEMBANGAN EMOSI ANAK DALAM KEGIATAN PEMBELAJARAN DI KELOMPOK B1 RAUDHATUL ATHFAL (RA) AL-IKHLAS KELURAHAN BIROBULI KECAMATAN PALU SELATAN |
| Nama: MARIAM |
| Tahun: 2018 |
| Abstrak Penelitian ini tentang Pengembangan Emosi Anak dalam Kegiatan Pembelajaran di Kelompok B1 Raudhatul Athfal (RA) Al-Ikhlas Kelurahan Birobuli Kecamatan Palu Selatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan emosi anak yang ada di Kelompok B1 RA Al-Ikhlas Kelurahan Birobuli Kecamatan Palu Selatan. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan 4 tehknik yaitu, dokumentasi, observasi, angket, atau kuesioner, dan wawancara. Subyeknya yaitu, 5 dari 15 anak didik yang memiliki emosi negatif. Perilaku setiap anak yaitu, suka memukul, menendang, membuat keributan di dalam kelas dengan berteriak, menangis jika di tinggal oleh orang tuanya, suka mengganggu dan sering menyembunyikan mainan, buku, ataupun pensil temannya, memilih-milih teman, berkata-kata kasar, dan ada anak yang pendiam. Dari hasil observasi yang diperoleh pada minggu pertama dan minggu kedua, belum menunjukkan dampak perubahan pengembangan emosi positif. Hasil observasi minggu ketiga hingga ke-empat perubahan pengembangan emosi anak mengalami perubahan perilaku sesuai dengan yang di harapkan. Dapat diamati dari tingkah laku ke-5 anak tersebut, yang lebih tenang dalam mengekspresikan emosinya (tidak memberontak bila menginginkan sesuatu), tidak menangis jika di tinggal oleh orang tuanya, bergaul dengan semua anak tanpa memilih-milih teman, cara berkomunikasi anak dengan orang lain terlihat lebih sopan dan santun, anak lebih percaya diri, berani untuk maju di depan kelas, serta lebih mengenal dan memahami emosi yang di rasakan seperti sedih, marah, senang, dan takut. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa pengembangan emosi anak dengan kegiatan pembelajaran yang diberikan, memberi manfaat yang positif bagi pengembangan emosi anak. |