JudulPERAN ORANG TUA TERHADAP KEMANDIRIAN ANAK DIKELOMPOK B TK PEMBINA TOWERA KECAMATAN SINIU |
Nama: ZAINAB |
Tahun: 2019 |
Abstrak ABSTRAK Zainab (2018) Peran Orang Tua Terhadap Kemandirian Anak Di Kelompok B TK Pembina Towera Kecamatan Siniu. Skripsi. Program Studi Pndidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universita Tadulako. Pembimbing (I) : Andi Agusniatih Dan Pembimbing (II) : Shofiyanti Nur Zuama Permasalahan utama pada penelitian ini adalah apakah ada peran orang tua dalam mengembangkan kemandirian anak di kelompok B TK Pembina Towera Kecamatan Siniu. Adapun tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui peran orang tua dalam mengembangkan kemandirian anak. Untuk menjawab permasalahan diatas, peneliti melakukan penelitian deskriptif kualitatif untuk menggambarkan keadaan sesungguhnya, kemudian ditarik kesimpulan. Adapun subyek penelitian ini yang berjumlah 15 anak. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui teknik observasi, wawancara dan dokumntasi. Pengelolaan data dilakukan dengan teknik persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemandirian anak yaitu aspek membuka sepatu sendiri bahwa 8 anak (53,33%) dalam kategori BSB, 4 anak (26,66%) dalam kategori BSH, 2 anak (13,33%) dalam kategori MB, 1 anak (6,6) dalam kategori BB. Aspek makan sendiri terdapat 3 anak (20%) dalam kategori BSB, 8 anak (53,33%) dalam kategori BSH, 3 anak (20%) dalam kategori MB,1 anak (6,6) dalam kategori BB. Aspek mencuci tangan sendiri terdapat 7 anak (46,66%) dalam kategori BSB, 4 anak (26,66%) dalam kategori BSH, 3 anak (20%) dalam kategori MB, 1 anak (6,6) dalam kategori BB. Dengan demikian dapat dilihat bahwa peran orang tua sangat berpengaruh terhadap perkembangan kemandirian anak di kelompok B TK Pembina Towera Kecamatan Siniu. Kata kunci : peran orang tua, kemandirian anak |