Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENGARUH METODE BERMAIN PERAN TERHADAP PERILAKU SOSIAL ANAK DI KELOMPOK B TK AL-KAUTSAR AMPIBABO UTARA KECAMATAN AMPIBABO KABUPATEN PARIGI MOUTONG
Nama: FIRNALISA
Tahun: 2019
Abstrak
Firnalisa Husen Habibi. (2018) “Pengaruh Metode Bermain Peran Terhadap Perilaku Sosial Anak di Kelompok B TK Al-Kautsar Ampibabo Utara Kecamatan Ampibabo Kabupaten Parigi Moutong”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (1): Andi Agusniatih, Pembimbing (II): Sitti Supiyati Masalah dalam penelitian ini adalah perilaku sosial anak yang belum berkembang sesuai harapan. Peneliti ini bertujan untuk mengetahui pengaruh metode bermain peran terhadap perilaku sosial anak. Jenis penelitian ini adalah Kualitatif dan jenisnya deskritif. Adapun subjek seluruh anak Kelompok B TK Al-Kautsar Ampibabo berjumlah 16 anak terdiri dari 9 anak laki-laki dan anak perempuan terdiri dari 7 anak . Teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pengelolaan data dilakukan dengan cara teknik presentase. Data yang diberikan sebelum perlakuan perilaku sosial anak dalam aspek kerjasama yaitu kategori (BSB) 2 anak (12%), kategori (BSH) 3 anak (18%), kategori (MB) 5 anak (31%), dan kategori (BB) 6 anak (37%). Aspek Tolong Menolong yaitu kategori (BSB) 2 anak (12%), ketegori (BSH) 2 anak (12%), kategori (MB) 5 anak (31%), dan (BB) terdapat 7 anak (43%). Aspek Menaati Peraturan yaitu kategori (BSB) 1 anak (6%), kategori (BSH) 1 anak (6%), kategori (MB) 5 anak (31%), dan kategori (BB) 7 anak (43%). Setelah diberikan perlakukan perilaku sosial anak dalam Aspek Kerjasama 4 anak (25%) dalam kaegori (BSB), 6 anak (37%) dalam kategori (BSH), 4 anak (25%) dalam kategori (MB), 2 anak (12%) dalam kategori (BB). Aspek Tolong Menolong 4 anak (25%) dalam kategori (BSB), 8 anak (50%) dalam kategori (BSH), 3 anak (18%) dalam kategori (MB) 1 anak (6%) dalam kategori (BB). Aspek Menaati Peraturan 4 anak (25%) dalam kategori (BSB), 10 anak (62%) dalam kategori (BSH), 1 anak (6%) dalam kategori (MB) 1 anak (6%) dalam kategori (BB). Disimpulkan bahwa ada pengaruh metode bermain peran terhadap perilaku sosial anak terbukti ada peningkatan perilaku sosial anak dalam Aspek Kerjasama, Aspek Tolong Menolong, Aspek Menaati Peraturan sesudah penerapan Metode Bermain Peran. Kata Kunci : Meode Bermain Peran, Perilaku Sosial

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up