Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENGARUH KEGIATAN MELIPAT KERTAS TERHADAP PERKEMBANGAN KREATIVITAS ANAK DIKELOMPOK B TK AL-KHAIRAAT SINDUE
Nama: AGUSTIFANI
Tahun: 2019
Abstrak
ABSTRAK Agustifani 2019. Pengaruh kegiatan Melipat Kertas Terhadap Perkembangan Kreativitas Anak Di Kelompok B TK AL-Khairaat Sindue. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (1) Andi Agusniatih, (2) Haerul Annuar. Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana perkembangan kreativitas anak di kelompok B TK AL-Khairaat Sindue. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kegiatan melipat kertas terhadap perkembangan kreativitas anak di kelompok B TK AL-Khairaat Sindue. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif jenisnya deskriptif. Adapun subjek penelitian ini adalah anak didik di kelompok B TK AL-Khairaat Sindue yang berjumlah 14 orang anak didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Pengolahan data dilakukan dengan teknik persentase. Hasil pengamatan menunjukkan bahwa ada pengaruh kegiatan melipat kertas terhadap perkembangan kreativitas anak. Dilihat dari hasil pengamatan sebelum perlakuan pada aspek kreativitas membuat bentuk Lipatan terdapat 0 anak (0%) kategori (BSB), 2 anak (14,28%) kategori (BSH), 2 anak (14,28%) kategori (MB), dan 10 anak (71,42%) kategori (BB). Kreativitas Mengkombinasikan dengan berbagai media terdapat 1 anak (7,14%) kategori (BSB), 2 anak (14,28%) kategori (BSH), 3 anak (2142,%) kategori (MB), dan 8 anak (57,14%) kategori (BB). Kreativitas dalam bertanya terdapat 1 anak (7,14%) kategori (BSB), 1 anak (7,14%) kategori (BSH), 3 anak (21,42%) kategori (MB), dan 9 anak (64,28%). Selanjutnya setelah perlakuan pada aspek kreativitas melipat kertas 2 anak (14,28%) kategori (BSB), 4 anak (28,57%) kategori (BSH), 5 anak (35,71%) kategori (MB), dan 3 anak (21,42%) kategori (BB). Aspek kreativitas Mengkombinasikan berbagai media 3 anak (21,42%) kategori (BSB), 5 anak (35,71%) kategori (BSH), 4 anak (28,57%) kategori (MB), dan 2 anak (14,28%) kategori (BB). Aspek kreativitas dalam bertanya terdapat 3 anak (21,42%) kategori (BSB), 6 anak (42,85%) kategori (BSH), 4 anak (28,57%) kategori (MB), 1 anak (7,14%) kategori (BB) . Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh kegiatan melipat kertas terhadap perkembangan kreativitas anak di kelompok B TK AL-Khairaat Sindue. Kata Kunci: Melipat kertas ; Kreativitas

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up