Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPeranan Guru Dalam Mengembangkan Motorik Halus Anak Di Kelompok A TK PKK Masaingi Kecamatan Sindue
Nama: ANDI MULIA LESTARI
Tahun: 2019
Abstrak
Permasalahan dalam tulisan ini adalah kemampuan motorik halus anak belum berkembang sesuai harapan. Upaya untuk mengatasi masalah tersebut sudah dilakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui peranan guru dalam mengembangkan motorik halus anak. Dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif. Dengan melibatkan 14 anak yang terdiri 6 anak laki-laki dan 8 anak perempuan. Tekhnik pengukmpulan data dilakukan melalui (1) observasi; (2) dokumentasi; (3) wawancara, selanjutnya pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan tekhnik presentase. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa Peranan guru sebagai demonstrator, mediator, dan fasilitator sangat mempengaruhi kemampuan motorik halus anak, terbukti dengan hasil rekapitulasi peranan guru sebagai demonstrator terhadap kemampuan motorik halus anak dalam semua aspek yang diamati yaitu aspek kelenturan mewarnai gambar, ketepatan melipat kertas dan kecepatan membuat aneka bentuk dari plastisin yaitu ada 11,9% kategori Berkembang Sangat Baik, 40,47% kategori Berkembang Sesuai Harapan, 33,33% kategori Mulai Berkembang dan 14,28% kategori Belum Berkembang. Peranan guru sebagai mediator terhadap kemampuan motorik halus anak yaitu ada 16,66?lam kategori Berkembang Sangat Baik, 38,09% kategori Berkembang Sesuai Harapan, 33,33% kategori Mulai Berkembang, dan 11,9% kategori Belum Berkembang. Selanjutnya peranan guru sebagai fasilitator terhadap kemampuan motorik halus anak yaitu ada 21,42% kategori Berkembang Sangat Baik, 45,23% kategori Berkembang Sesuai Harapan, 26,18% kategori Mulai Berkembang, dan 7,19% kategori Belum Berkembang. Dengan demikian dapat dilihat bahwa peranan guru sangat berpengaruh terhadap perkembangan motorik halus anak di kelompok A TK PKK Masaingi Kecamatan Sindue.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up