JudulPENGARUH KEGIATAN MEWARNAI GAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK DI KELOMPOK A TK KARYA THAYIBAH 11 SALUMBONE KECAMATAN LABUAN |
Nama: NURHANIFAN TAHERO |
Tahun: 2020 |
Abstrak ABSTRAK Nur HanifanTahero (2019). Pengaruh Kegiatan Mewarnai Gambar Terhadap Kemampuan Motorik Halus Anak Dikelompok A TK Karya Thayyibah II Salumbone Kecamatan Labuan. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan AnakUsia Dini, Jurusan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako. Pembimbing (1) Muraeni Mursanib, (2) Fitriana. Masalah dalam penelitian yaitu kemampuan motorik halus anak yang belum berkembang sesuai harapan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kegiatan mewarnai gambar terhadap kemampuan motorik halus anak. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Ada Obyek penelitian ini adalah seluruh anak di kelompok A TK Karya Thayyibah II Salumbone Kecamatan Labuan yang berjumlah 14 anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi, Data dianalisis dengan menggunakan rumus presentasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa sebelum perlakuan hasil rekapitulasi memperoleh rata-rata pada aspek kekuatan mewarnia gambar terdapat 1 anak (7,14%) kategori BSB, 2 anak (14,29%) kategori BSH, 2 anak (14,29) kategoriMB, 9 anak (64,28%) kategori BB. Aspek kelenturan mewarnai gambar terdapat 1 anak (7,14%) kategori BSB, 1 anak (7,14%) kategori BSH, 2 anak (14,29%) kategori MB, 10 anak (71,43%) kategori BB.Aspek kecepatan mewarnai gambar terdapat 0 anak (0%) kategori BSB, 1 anak (7,14%) kategori BSH, 5 anak (35,72%) kategori MB, 8 anak (57,14%) kategori BB.Pada sesudah perlakuan hasil rekapitulasinya di peroleh rata-rata pada aspek kekuatan mewarnai gambar terdapat 3 anak (21,43%) kategori BSB, 8 anak (57,14%) kategori BSH, 2 anak (14,29%) kategoriMB, 1 anak (7,14%) kategori BB. Aspek kelenturan mewarnai gambar terdapat 2 anak (14,29%) kategori BSB, 8 anak (57,14%) kategori BSH, 3 anak (21,43%) kategori MB, 1 anak (7,14%) kategori BB. Aspek kecepatan mewarnai gambar terdapat 2 anak (14,29%) kategori BSB, 6 anak (42,85%) kategori BSH, 4 anak (28,57%) kategori MB, 2 anak (14,29%) kategori belum berkembang BB. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh kegiatan mewarnai gambar terhadap kemampuan motorik halus anak. Kata Kunci :KegiatanMewarnaigambar, KemampuanMotorik, dan Halus Anak Usia Dini |