Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENGARUH MEDIA GAMBAR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR ANAK DI KELOMPOK B TK MELATI TONDO KOTA PALU
Nama: GITA FANDASARI
Tahun: 2019
Abstrak
Gita Fandasari (2018), Pengaruh Media Gambar Terhadap Motivasi Belajar Anak di Kelompok B TK Melati Tondo Kota Palu. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (1) Muraeni Mursanib, (II) Besse Nirmala. Masalah pokok dalam tulisan ini adalah kurangnya motivasi anak dalam proses belajar mengajar. Sehubungan dengan masalah tersebut, dilakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh media gambar terhadap motivasi belajar anak. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif, Adapun subjek dalam Penelitian ini yaitu seluruh anak di kelompok B TK Melati Tondo yang berjumlah 20 anak. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan teknik presentase. Hasil penelitian diketahui bahwa sebelum menggunakan media gambar, pada aspek semangat mengikuti pembelajaran, dari 20 anak yang menjadi subjek penelitian, tidak terdapat anak (0%) untuk kategori ST. terdapat 6 anak (30%) kategori T, terdapat 9 anak (45%) kategori S dan terdapat 5 anak (25%) kategori R. Pada aspek mau mengerjakan tugas, tidak terdapat anak (0%) untuk kategori ST, terdapat 7 anak (35%) dalam kategori T, terdapat 9 anak (45%) kategori S dan terdapat 4 anak (20%) dalam kategori R. Selanjutnya, pada aspek tekun mengerjakan tugas, tidak terdaparanak (0%) untuk kategori ST, terdapat 4 anak (20%) kategori T, terdapat 7 anak (35%) dalam kategori S dan terdapat 9 anak (45%) kategori R. Selanjutnya, sesudah penggunaan media gambar terjadi peningkatan pada aspek semangat mengikuti pembelajaran dari 20 anak yang menjadi subjek penelitian, untuk kategori ST terdapat 9 anak (45%), kategori T terdapat 10 anak (50%), kategori S terdapat I anak (5%) dan tidak ada anak (0%) dalam kategori R. Aspek mau mengerjakan tugas, untuk kategori ST terdapat 7 anak (35%), kategori T terdapat 11 anak (55%), kategori S terdapat 2 anak (10%) dan tidak ada anak (0%) dalam kategori R. selanjutnya untuk aspek tekun mengerjakan tugas, untuk kategori ST terdapat 6 anak (30%), kategori T terdapat 11 anak (55%), kategori S terdapat 3 anak (15%) dan tidak ada anak (0%) dalam kategori R. Penggunaan media gambar secara kontinyu dapat mempengaruhi motivasi belajar anak di Kelompok B, terbukti pada 3 aspek yang diamati mengalami peningkatan. Kata Kunci: Media gambar dan Motivasi Belajar Anak.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up