JudulPENGARUH METODE BERMAIN PERAN TERHADAP PERILAKU SOSIAL ANAK KELOMPOK B TK RA KARTINI KELURAHAN NALU KECAMATAN BAOLAN KABUPATEN TOLI-TOLI |
Nama: REZAH |
Tahun: 2021 |
Abstrak ABSTRAK Rezah 2020, Pengaruh Metode Bermain Peran terhadap Perilaku Sosial Anak di Kelompok B TK RA Kartini Kelurahan Nalu Kecamatan Baolan Kabupaten Toli-Toli. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (1) I Putu Suwika dan Pembimbing (2) Besse Nirmala. Permasalahan utama dalam penelitian ini adalah perilaku sosial anak belum berkembang sesuai harapan. Upaya mengatasi masalah tersebut, dilakukan penelitian yang bertujuan mengetahui pengaruh metode bermain peran terhadap perilaku sosial anak. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen, adapun subjek dalam penelitian ini adalah anak-anak Kelompok B TK RA Kartini Kabupaten Toli-Toli yang berjumlah 17 anak. Teknik pengumpulan data lapangan yang digunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan teknik presentase. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa sebelum diberikan perlakuan rekapitulasiya diperoleh rata-rata 1,96% anak yang tergolong kategori berkembang sangat baik (BSB), kategori berkembang sesuai harapan (BSH) dengan rata-rata 7,84?n kategori mulai berkembang (MB) dengan rata-rata 49,02% serta 41,18% anak dikategorikan belum berkembang (BB) dalam aspek kerja sama, tolong-menolong dan sabar menunggu giliran. Sesudah diberikan perlakuan rekapitulasi dengan rata-rata 41,18% yang tergolong kategori berkembang sangat baik (BSB), kategori berkembang sesuai harapan (BSH) dengan rata-rata 49,02?n untuk kategori mulai berkembang (MB) dengan rata-rata 7,84%, serta untuk kategori belum berkembang (BB) dengan rata-rata 1,96%. Terbukti adanya peningkatan perilaku sosial anak menggunakan metode bermain peran. Kata Kunci : Metode Bermain Peran, Perilaku Sosial, Anak Usia Dini. ? |