JudulPENGARUH PERCERAIAN ORANG TUA TERHADAP MINAT BELAJAR ANAK DI KELOMPOK B TK ALKHAIRAAT PARIGI |
Nama: DIANA LITA |
Tahun: 2021 |
Abstrak ABSTRAK Diana Lita.2018. Pengaruh Perceraian Orang Tua Terhadap Minat Belajar Anak Di Kelompok B TK Alkhairaat Parigi. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Jurusan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (I) Andi Agusniatih, (II) Hi, Shofiyanti Nur Zuama. Permasalahan utama dan mendasar pada penelitian ini adalah masih rendahnya minat belajar anak di TK Alkhairaat Parigi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya Pengaruh Perceraian Orang Tua Terhadap Minat Belajar Anak di Kelompok B TK Alkhairaat Parigi. Metode penelitian ini adalah Penelitian ini adalah Penelitian Deskriptif Kualitatif untuk menggambarkan keadaan sesungguhnya, kemudian ditarik kesimpulan. Adapun subjek penelitian ini adalah sebagian anak di kelompok B TK Alkhairaat yang berjumlah 8 anak terdiri dari 4 anak perempuan dan 4 anak laki-laki yang terdaftar pada tahun ajaran 2017/2018. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik persentase, yaitu dalam Aspek Perhatian, Aspek Kesukaan dan Aspek Ketertarikan. Berdasarkan hasil penelitian dari analisis deskriptif, Dalam Aspek Perhatian Terdapat 1 anak (12,5%) dalam kategori Sangat Tinggi, ada 4 anak (50%) dalam kategori Tinggi, 3 anak (37,5%) dalam kategori Sedang. Aspek Kesukaan terdapat 2 anak (25%) dalam kategori Sangat Tinggi, ada 3 anak (37,5%) dalam kategori Tinggi, ada 3 anak (37,5%) dalam kategori Sedang. Aspek ketertarikan terdapat 1 anak (12,5) dalam kategori Sangat Tinggi, ada 3 anak (37,5) dalam kategori Tinggi, ada 4 anak (50%) dalam kategori Sedang dan tidak terdapat anak dalam kategori Rendah Dengan demikian, Pengaruh perceraian orang tua berpengaruh dengan minat belajar anak. Oleh karena itu, ada Pengaruh Perceraian Orang Tua Terhadap Minat Belajar Anak. Kata Kunci : Perceraian Orang Tua, Minat Belajar |