| JudulPENGARUH KEGIATAN MEWARNAI GAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK DI KELOMPOK B2 PAUD/TAMAN KANAK-KANAK AISYIYAH BUSTANUL ADFAL III KELURAHAN TALISE KECAMATAN MANTIKULORE PALU |
| Nama: LILI HARYATI |
| Tahun: 2017 |
| Abstrak Lily Hariyati. (2017). Pengaruh Kegiatan Mewarnai Anak Terhadap Kemampuan Motorik Halus Anak di Kelompok B2 PAUD/Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Bustanul Adfal III Kelurahan Talise Kecamatan Mantikulore Palu. Hasil penelitian Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (I) Dr. Andi Agusniatih, M.Si dan Pembimbing (II) Jane M. Monepa, S.Psi, M.Psi. Permasalah pokok dalam penelitian ini adalah kemampuan motorik halus anak belum berkembang sesuai harapan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahu pengaruh kegiatan mewarnai gambar terhadap perkembangan motorik halus anak di kelompok Kelompok B2 PAUD /Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Bustanul Adfal III Kelurahan Talise Kecamatan Mantikulore Palu. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif, dengan rancangan penelitian yang disesuaikan prosedur penelitian kependidikan. Sampel penelitian ini adalah 16 anak di Kelompok B2 TK Aisyiyah Bustanul Athfal III Kelurahan Talise Kecamatan Mantikulore. Teknik pengumpulan data adalah observasi, dokumentasi, dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian dari analisi deskriptif, yaitu terdapat 11 anak (54,17 %) berada dalam kategori berkembang sangat baik, terdapat 3 anak (27,08%) berada dalam kategori berkembang sesuai harapan, terdapat 2 anak (18,75 %) dalam kategori mulai berkembang , dan tidak terdapat anak dalam kategori belum berkembang. Dengan demikan dapat disimpulkan bahwa Ada pengaruh kegiatan mewarnai gambar terhadap kemampuan motorik halus anak. Kata kunci: Motorik Halus, dan Kegiatan Mewarnai Gambar |