Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPERANAN PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR TERHADAP PENGENALAN HURUF HIJAIYAH DI KELOMPOK A TAMAN KANAK-KANAK ISLAM TERPADU AL-QOLAM PERUMNAS TINGGEDE
Nama: SAKINAH
Tahun: 2019
Abstrak
Sakinah. (2018). Peranan Penggunaan Media Gambar Terhadap Pengenalan Huruf Hijaiyah di Kelompok A Taman Kanak-kanak Islam Terpadu Al-Qolam Perumnas Tinggede. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (I) Andi Agusniatih dan Pembimbing (II) Fitriana. Masalah utama dalam penelitian ini adalah pengenalan huruf hijaiyah pada anak belum berkembang sesuai harapan guru. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peranan penggunaan media gambar terhadap pengenalan huruf hijaiyah di Kelompok A Taman Kanak-kanak Islam Terpadu Al-Qolam Perumnas Tinggede. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subyek penelitian kelompok A TK Islam Terpadu Al-Qolam Perumnas Tinggede. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik presentase. Hasil analisis data minggu pertama setelah menggunakan media gambar, aspek menyebutkan huruf hijaiyah, terdapat 7% BSB, 21?lam kategori BSH, 43?lam kategori MB, dan 29?lam kategori BB. Aspek menghubungkan titik-titik huruf hijaiyah, terdapat 7?lam kategori BSB, 14?lam kategori BSH, 36?lam kategori MB, dan 43?lam kategori BB. Hasil analisis data minggu kedua menggunakan media gambar, aspek menyebutkan huruf hijaiyah, terdapat 36?lam kategori BSB, 43?lam kategori BSH, 14?lam kategori MB, dan 7?lam kategori BB. Aspek menghubungkan titik-titik huruf hijaiyah, terdapat 29?lam kategori BSB, 43?lam kategori BSH, 21% kategori MB, dan 7?lam kategori BB. Dapat disimpulkan bahwa ada peranan penggunaan media gambar terhadap pengenalan huruf hijaiyah di Kelompok A Taman Kanak-kanak Islam Terpadu Al-Qolam Perumnas Tinggede. Kata Kunci : Media Gambar, Pengenalan Huruf Hijaiyah

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up