Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENGARUH MEDIA KARTU ANGKA TERHADAP KEMAMPUAN ANAK MENGENAL KONSEP BILANGAN DI KELOMPOK A TK MELATI TONDO
Nama: NURMILA A. NUPU
Tahun: 2019
Abstrak
Masalah dalam penelitian ini adalah kemampuan anak mengenal konsep bilangan yang belum berkembang sesuai harapan. Sehubungan dengan masalah tersebut, dilakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh media kartu angka terhadap kemampuan anak terhadap mengenal konsep bilangan. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif, adapun subjek seluruh anak di kelompok A TK Melati Tondo yang berjumlah 12 anak. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, data dianalisis dengan teknik presentase. Dapat diketahui bahwa sebelum menggunakan media kartu angka pada metode menyebutkan lambang bilangan 1-10, 1 anak (8%) terdapat anak dalam kategori (BSB), 2 anak (17%) kategori (BSH), 3 anak (25%) kategori (MB), dan 6 anak (50%) kategori (BB). Metode menghubungkan angka dengan gambar, terdapat 1 anak (8%) kategori (BSB), 2 anak (17%) kategori (BSH), 2 anak (17%) kategori (MB), dan 7 anak (58%) kategori (BB). Sedangkan untuk metode mengelompokan benda sesuai warna, terdapat 1 anak (8%) untuk kategori (BSB), 2 anak (17%) kategori (BSH), 2 anak (17%) kategori (MB), dan 7 anak (58%) kategori (BB).Selanjutnya, sesudah menggunakan media kartu angka terjadi peningkatan pada metode mengenal lambang bilangan 1-10 dari 12 anak yang menjadi subyek penelitian, terdapat 4 anak (33%) kategori (BSB), 5 anak (42%) kategori (BSH), 2 anak (17%) kategori (MB), dan 1 anak (8%) kategori (BB). Metode menghubungkan angka dengan gambar, terdapat 5 anak (42%) kategori (BSB), 5 anak (42%) kategori (BSH), 1 anak (8%) kategori (MB), dan 1 anak (8%) kategori (BB). Sedangkan untuk metode mengelompokan, terdapat 6 anak (50%)kategori (BSB), 3 anak (25%) kategori (BSH), 2 anak (17%) kategori (MB), dan 1 anak (8%) kategori (BB).

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up