JudulPERANAN METODE TANYA JAWAB TERHADAP KEMAMPUAN ANAK BERBAHASA LISAN DI KELOMPOK B TK JABAL RAHMA PALU |
Nama: NUR ANISA |
Tahun: 2021 |
Abstrak ABSTRAK Nur Anisa (2020), Peranan metode Tanya jawab terhadap kemampuan anak berbahasa lisan dikelompok B TK Jabal Rahma Palu. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (1)Dra. Hj. Shofyatun, AR, M.pd (2) Drs. I Putu Suwika, M.Si Masalah dalam tulisan ini adalah kemampuan anak dalam berbahasa lisan belum berkembang sesuai harapan. Sehubungan dengan masalah tersebut, dilakukan penelitian yang bertujuan mengetahui pengaruh metode Tanya jawab terhadap kemampua anak berbahasa lisan. Metode dalam penelitian ini kualitatif dan Jenis penelitiannya deskriptif, adapun subjek seluruh anak di kelompok B TK Jabal Rahma Palu yang berjumlah 15 anak. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan teknik presentase. Data sebelum menggunakan metode Tanya jawab aspek penguasaan kosa kata terdapat 7% kategori BSB, 7% kategori BSH, 26% kategori MB, dan 60% kategori BB. Aspek menjawab pertanyaan tidak terdapat anak kategori BSB, 20% kategori BSH, 13% kategori MB, dan 67% kategori BB. Aspek mengulang kalimat sederhana terdapat 7% kategori BSB, 13% kategori BSH, 27% kategori MB, dan 53% kategori BB. Kemudian setelah menggunakan metode Tanya jawab, kemampuan anak berbahasa lisan ada pengingkatan aspek penguasaan kosakata terdapat 27% kategori BSB, 33% kategori BSH, 33% kategori MB, dan 7% kategori BB. Aspel menjawab pertanyaan tedapat 27% kategori BSB, 33% kategori BSH, 27% kategori MB, dan 13% kategori BB. Aspek mengulang kalimat sederhana terdapat 27% kategori BSB, 33% kategori BSH, 27% kategori MB, dan 13% kategori BB. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh metode Tanya jawab terhadap kemampuan anak berbahasa lisan di kelompok B TK Jabal Rahma Palu. Kata Kunci :Metode TanyaJawab,Bahasa Lisan. |