Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENGARUH MEDIA GAMBAR TERHADAPMOTIVASI BELAJAR ANAK DI KELOMPOK B TK AL-KHAIRAAT TOBOLI KECAMATAN PARIGI UTARA KABUPATEN PARIGI MOUTONG
Nama: MARIA ULFA
Tahun: 2021
Abstrak
ABSTRAK Maria Ulfa (2020), Pengaruh Media Gambar Terhadap Motivasi Belajar Anak di kelompok B TK Al-Khairaat Toboli Kecamatan Parigi utara, Kabupaten Parigi Moutong. Program Studi Pendidikan Guru, pendidikan Anak Usia Dini, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (I) Drs.I Putu Suwika (II) Besse Nirmala. Masalah pokok dalam tulisan ini adalah kurangnya motivasi anak dalam proses belajar mengajar. Sehubungan dengan masalah tersebut, dilakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh media gambar terhadap motivasi belajar anak. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif, adapun subjek dalam penelitian ini yaitu seluruh anak di kelompok B TK Al-Khairaat Toboli yang berjumlah 12 anak. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan teknik presentase. Hasil penelitian diketahui bahwa sebelum menggunakan media gambar, pada aspek keaktifan mengerjakan tugas, dari 12 anak yang menjadi subjek penelitian, terdapat 2 anak (16,7%) untuk kategori ST, terdapat 3 anak (25%) kategori T, terdapat 3 anak (25%) untuk kategori S, dan terdapat 4 anak (33,3%) kategori R. Pada aspek semangat mengikuti proses pembelajaran, terdapat 1 anak (8,3%) untuk kategori ST, terdapat 2 anak (16,7%) dalam kategori T, terdapat 4 anak (33,3%) dalam kategori S, dan terdapat 5 anak (41,7%) dalam kategori R. Selanjutnya, pada aspek mau bekerja sama terdapat 1 anak (8,3%) untuk kategori ST, terdapat 2 anak (16,7%) kategori T, terdapat 3 anak (25%) dalam kategori S, dan terdapat 6 anak (50%) kategori R. Selanjutnya, sesudah penggunaan media gambar terjadi peningkatan pada aspek keaktifan mengerjakan tugas dari 12 anak yang menjadi subjek penelitian,untuk kategori ST terdapat 3 anak (25%), kategori T terdapat 6 anak (50%), kategori S terdapat 2 anak (16,7%), dan terdapat 1 anak (8,3%) dalam kategori R. Aspek semangat mengikuti proses pembelajaran, untuk Kategori ST terdapat 3 anak (33,3%), kategori T terdapat 8 anak (66,7%), kategori S terdapat 1 anak (8,3%), dan tidak ada anak (0%) dalam kategori R. Selanjutnya, untuk aspek mau bekerjasama, untukkategori ST terrdapat 2 anak (16,7%), kategori T terdapat 7 anak (58,3%), kategori S terdapat 1 anak (8,7%), dan terdapat terdapat 2 anak (16,7%) dalam kategori R. Penggunaan media gambar secara kontinyu dapat mempengaruhi motivasi belajar anak dikelompok B, terbukti pada 3 aspek yang diamati mengalami peningkatan. Kata Kunci : Media gambar dan Motivasi Belajar Anak.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up