JudulPERANAN METODE PEMBERIAN TUGAS DALAM MENGEMBANGKAN KREATIVITAS ANAK DI TK IT ANAK MANDIRI KECAMATAN PALU BARAT |
Nama: Sri Maskanah |
Tahun: 2019 |
Abstrak ABSTRAK Sri Maskanah (2018) “Peranan Metode Pemberian Tugas Dalam Mengembangkan Kreativitas Anak di TK IT ANAK MANDIRI Kecamatan Palu Barat”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Jurusan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (I): Dra. Muraini Mursanib M.Si Pembimbing (II): Janne M.Monepa. Masalah dalam penelitian ini kemamapuan kreativitas anak yang belum berkembang sesuai harapan. Upaya mengatasi masalah tersebut sudah dilakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh peranan metode pememberian tugas dalam mengembangkan kreativitas anak. Metode penelitian ini adalah kualitatif sedangkan jenisnya deskriptif, subyeknya seluruh anak kelompok B1 TK IT Anak Mandiri kecamatan Palu berjumlah 20 anak. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dan dokumentasi, selanjutnya dianalisis dengan teknik presentase. Berdasarkan data hasil penelitian menunjukan sebelum diberikan aktivitas membuat bentuk dari plastisin (10%) kategori BSB, (15%) kategori BSH, (15%) kategori MB, dan (60%) kategori BB, kegiatan meronce (10%) kategori BSB, (15%) kategori BSH, (15%) kategori MB (60%) kategori BB, mewarnai gambar (15%) kategori BSB, (15%) kategori BSH, (20%) kategori MB, dan (50%). Kategori BB, dan melipat kertas (5%) kategori BSB,(20%) kategori BSH,(10%) kategori MB, (65%) kategori BB. Setelah menggunakan metode pemberian tugas ada peningkatan yang signifikan, membuat bentuk menggunakan plastisin terdapat (20%) kategori BSB, (25%) kategori BSH, (30%) kategori MB, dan (25%) kategori BB, melakukan kegiatan meronce (25%) kategori BSB, (35%) kategori BSH, (25%), kategori MB dan (15%) kategori BB, mewarnai gambar (30%) kategori BSB, (45%) kategori BSH, (15%) kategori MB, dan (10%) BB dan melipat kertas menjadi bentuk (25%) kategori BSB,(35%) kategori BS, (30%) kategori MB,(10%) kategori BB Disimpulkan bahwa ada peranan metode pemberian tugas dalam mengembangkan kreativitas Anak terbukti ada peningkatan pada kategori BSB 5%, BSH 15% Kata Kunci:Metode Pemberian Tugas, Kreativitas |