Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENGARUH MEDIA GAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN ANAK MENGENAL KONSEP BILANGAN DI KELOMPOK B TK SATU ATAP SARJO KECAMATAN SARJO KABUPATEN MAMUJU UTARA
Nama: MASRIFA
Tahun: 2019
Abstrak
Masrifa (2018) “Pengaruh Media Gambar Terhadap Kemampuan Anak Mengenal Konsep Bilangan Di Kelompok B TK Satu Atap Sarjo”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Jurusan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (I): I putu Suwika, Pembimbing (II): Sitti Supiyati. Masalah pokok dalam penelitian ini adalah kemampuan anak mengenal konsep bilangan yang belum berkembang sesuai harapan. Upaya mengatasi masalah tersebut, dilakukan penelitian yang bertujuan mengetahui pengaruh media gambar terhadap kemampuan anak mengenal konsep bilangan.. Jenis penelitian ini Deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah anak di kelompok B TK Satu atap sarjo yang berjumlah 20 orang anak terdiri dari 9 orang laki-laki dan 11 orang perempuan. Data dikumpulkan melalui lembar observasi, wawancara, dan dokumentasi. Selanjutnya dianalisis dengan Teknik presentase. Data sebelum menggunakan media gambar kemampuan anak menngenal konsep bilangan yang diamati dalam aspek menyebutkan bilangan 1-10 terdapat 2 anak (10%) dalam kategori Berkembang Sangat Baik (BSB), 2 anak (10%) kategori Berkembang Sesuai Harapan (BSH), 2 anak (10%) kategori Mulai Berkembang (MB), 14 anak (70%) kategori Belum Berkembang (BB). Aspek menghubungkan gambar burung garuda dengan bilangan 1-10 1anak (5%) kategori BSB, 1 anak (5%) kategori BSH, 3 anak (15%) kategori MB, 15 anak (75%) kategori (BB). Aspek mencocokkan lambang bilangan dengan banyaknya gambar, 3 anak (15%) kategori BSB, 3 anak (15%) kategori BSH, 2 anak (10%) kategori MB, 12 anak (60%) kategori BB. Setelah menggunakan media gambar, menyebutkan bilanngan 1-10 terdapat 5 anak (25%) kategori BSB, 8 anak (40%) kategori BSH, 4 anak (20%) kategori MB, 3 anak (15%) kategori BB. menghubungkan gambar burung garuda dengan bilangan 1-10, 6 anak (30%) kategori BSB, 8 anak (40%) kategori BSH, 4 anak (20%), kategori MB, 2 anak (10%) Dalam kategori BB. Aspek mencocokkan lambang bilangan dengan banyaknya gambar, 7 anak (35%) kategori BSB, 9 anak (45%) kategori BSH, 3 anak (15%) kategori MB, 1 anak (5%) kategori BB. Disimpulkan bahwa ada pengaruh media gambar terhadap kemampu anak mengenal konsep bilangan. Kata Kunci:Media Gambar, Kemampuan Anak Mengenal konsep Bilangan .

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up