JudulPENGARUH MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP PENGEMBANGAN BAHASA BAGI ANAK DI KELOMPOK B TK SWASTY ASTU TOBE KECAMATAN POSO PESISIR UTARA |
Nama: NI PUTU PUSNAWATI |
Tahun: 2019 |
Abstrak Ni Putu Pusnawati. 2019. Pengaruh media audio visual terhadap pengembangan bahasa bagi anak di kelompok B TK Swaty astu tobe kecamatan poso pesisir utara. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing I : Dra. Muraeni Mursanib, M.Si, dan pembimbing II : Hj. Shofiyanti Nur Zuama. Permasalahan utama dalam penelitian ini yaitu Apakah Ada Pengaruh Media Audio Visual Terhadap Pengembangan Bahasa Bagi Anak Di Kelompok B TK Swasty Astu Tobe Kecamatan Poso Pesisir Utara. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui adanya Pengaruh Media Audio Visual Terhadap Pengembangan Bahasa Bagi Anak Di Kelompok B TK Swasty Astu Tobe Kecamatan Poso Pesisir Utara. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yaitu untuk menggambarkan keadaan sesungguhnya, kemudian ditarik kesimpulan. Adapun subjek penelitian ini adalah anak di TK Swasty Astu Tobe Kecamatan Poso Pesisir Utara yang berjumlah 14 anak. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, dokumentasi dan wawancara. Hasil penelitian dari 14 anak yang menjadi subjek penelitian di kelompok B TK Swasty Astu Tobe, ada 24% pada kategori Berkembang Sangat Baik, ada 28% pada kategori Berkembang Sesuai Harapan, ada 26% pada kategori Mulai Berkembang dan ada 22% pada kategori Belum Berkembang. Melihat perolehan hasil dari rekapitulasi 3 aspek yang diamati, terdiri dari : menjawab pertanyaan, penguasaan kosa kata dan menceritakan kembali cerita yang telah di tonton, dapat disimpulkan bahwa tingkat kemampuan anak berbahasa sangat bervariasi, namun setelah melakukan kegiatan menyaksikan tayangan film atau vidio media audio visual tingkat kemampuan anak terbukti menjadi lebih baik. Penggunaan media audio visual di Kelompok B TK Swasty Astu belum diterapkan dalam proses pembelajaran. Namun setelah dilaksanakan peelitian, guru dan kepala sekolah tertarik untuk menerapkan penggunaan media audio visual dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu, media audio visual sangat berpengaruh terhadap pengembangan bahasa anak di Kelompok B TK Swasty Astu Tobe. Kata Kunci : Media Audio Visual, Pengembangan Bahasa. |