Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulMENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPAS DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI KELAS V SD INPRES PANDERE
Nama: ILLA SUSANTI
Tahun: 2025
Abstrak
ABSTRAK Illa Susanti, 2024. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPAS dengan Menggunakan Model Pembelajaran Inkuiri Kelas V SD Inpres Pandere. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako. Arif Firmansyah dan Muchdar. Hambatan dalam proses pembelajaran IPAS di kelas VI SD Inpres Pandere adalah disebabkan karena penggunaan model yang digunakan guru masih konvensional, sehingga siswa tidak terlibat secara aktif. Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah “Apakah dengan penerapan model pembelajaran Inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Inpres Pandere?”. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa setelah menggunakan model pembelajaran Inkuiri dalam proses belajar mengajar pada mata pelajaran IPAS siswa kelas V SD Inpres Pandere tahun pelajaran 2024/2025. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang di dalamnya terdapat dua siklus. Pengumpulan data dalam model pembelajaran Inkuiri ini berupa tes hasil belajar, lembar observasi, dan dokumentasi. Tes hasil belajar digunakan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa terhadap materi pelajaran IPAS mengenai Ayo Berkenalan dengan Bumi Kita. Lembar observasi digunakan untuk mengetahui peningkatan aktivitas mengikuti proses belajar siswa. Lembar dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data berupa sejarah lokasi penelitian dan lain-lain. Berdasarkan hasil penelitian pada siklus I menunjukan presentasi daya serap klasikal siswa sebesar 68% serta persentase ketuntasan klasikal sebesar 64%. Sedangkan pada siklus II diperoleh persentase daya serap klasikal siswa sebesar 76% serta presentasi ketuntasan klasikal sebesar 84%. Berdasarkan presentase ketuntasan hasil belajar siklus I dan siklus II, maka telah terjadi peningkatan yang signifikan yaitu pada daya serap klasikal terjadi peningkatan sebesar 8?ri siklus I sebesar 68?n siklus II sebesar 76%. Begitu juga pada ketuntasan klasikal terjadi peningkatan yang signifikan yaitu sebesar 20?ri siklus I sebesar 64?n siklus II sebesar 84%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar siswa SD Inpres Pandere Kelas V pada pembelajaran IPAS. Kata kunci ; Model pembelajaran Inkuiri, Hasil Belajar, Mata Pelajaran IPAS. ABSTRACT Illa Susanti, 2024. Improving Student Learning Outcomes in Natural Sciences Subjects by Using the Class V Inquiry Learning Model at SD Inpres Pandere. Thesis, Elementary School Teacher Education Study Program, Education Science Department, Teacher Training and Education Faculty, Tadulako University. Supervisor Arif Firmansyah and Muchdar. Obstacles in the science and science learning process in class VI SD Inpres Pandere are caused by the use of conventional models used by teachers, so students are not actively involved. The formulation of the problem in this thesis is "Can the application of the Inquiry learning model improve the learning outcomes of fifth grade students at SD Inpres Pandere?" The aim of this research is to determine the increase in student learning outcomes after using the inquiry learning model in the teaching and learning process in science and science subjects for fifth grade students at SD Inpres Pandere for the 2024/2025 academic year. This type of research is Classroom Action Research (PTK) which includes two cycles. Data collection in this inquiry learning model takes the form of learning results tests, observation sheets, and documentation. The learning outcomes test is used to determine the increase in student learning outcomes regarding the science lesson material regarding Let's Get to Know Our Earth. The observation sheet is used to determine the increase in activity following the student learning process. Documentation sheets are used to collect data in the form of history of the research location and others. Based on the research results in cycle I, the presentation of students' classical absorption capacity was 68% and the percentage of classical completion was 64%. Meanwhile, in cycle II, the percentage of students' classical absorption was 76% and the presentation of classical completion was 84%. Based on the percentage of completeness of learning outcomes in cycle I and cycle II, there has been a significant increase, namely in classical absorption capacity there has been an increase of 8% from cycle I of 68% and cycle II of 76%. Likewise, in classical completion there was a significant increase, namely 20% from cycle I of 64% and cycle II of 84%. Based on these results, it can be concluded that applying the inquiry learning model can improve the learning outcomes of Class V Inpres Pandere Elementary School students in science and science learning. Keywords : Inquiry learning model, learning outcomes, science subjects.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up