JudulMENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV DALAM MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA KLIPING DI SDN WISOLO |
Nama: MAYA PUSPA SARI |
Tahun: 2025 |
Abstrak Maya Puspa Sari, 2024. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV dalam Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dengan Menggunakan Media Kliping di SDN Wisolo. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako. Pembimbing Arif Firmansyah dan Muchdar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang memiliki dua siklus dan empat tahap, yaitu (a) Perencanaan, (b) Pelaksanaan Tindakan, (c) Obsevasi, (d) Refleksi. Masalah yang diteliti adalah rendahnya hasil belajar. Upaya pemecahan masalah yang digunakan yaitu dengan menerapkan media kliping. Penelitian tindakan ini bertujuan untuk dapat meningkatkan hasil belajar Pendidikan Pancasila Siswa Kelas IV SDN Wisolo. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN Wisolo yang berjumlah 18 orang siswa, yang terdiri 12 orang siswa laki-laki dan 6 orang siswa perempuan. Data dikumpulkan melalui lembar observasi guru dan siswa serta tes hasil tindakan. Hasil penelitian pada siklus I menunjukan persentase ketuntasan klasikal sebesar 37%. Sedangkan pada siklus II diperoleh persentase ketuntasan klasikal sebesar 90%. Berdasarkan presentase ketuntasan hasil belajar siklus I dan siklus II, maka telah terjadi peningkatan yang signifikan yaitu sebesar 53% pada ketuntasan klasikal. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan media kliping dapat meningkatkan hasil belajar siswa SDN Wisolo Kelas IV pada Mata Pendidikan Pancasila. Kata kunci ; Media Kliping, Hasil Belajar, Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila. |