JudulPENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS IV SDN LEBANU |
Nama: ADRIANI |
Tahun: 2025 |
Abstrak Adriani, 2024. Penerapan Model Pembelajaran Discovery untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPAS Kelas IV SDN Lebanu. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako. Pembimbing Herlina dan Zulnuraini. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar IPAS siswa kelas IV SDN Lebanu Kecamatan Marowola Kabupaten Sigi dengan menerapkan model pembelajaran discovery. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Desain penelitian tindakan kelas yang digunakan adalah desain Kemmis dan Mc Taggart yang terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN Lebanu yang berjumlah 20 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi,. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif kualitatif untuk menganalisis data hasil lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model discovery melalui tahap stimulasi, perumusan masalah, pengumpulan data, analisis data, verifikasi, dan generalisasi dapat meningkatkan motivasi belajar IPAS. Keberhasilan peningkatan motivasi belajar IPAS diketahui dari rata-rata skor yang pada pra tindakan adalah 55, selanjutnya pada siklus I menjadi 82, dan pada siklus II menjadi 88. Persentase ketuntasan motivasi belajar IPAS pada pra tindakan 46%, kemudian pada siklus I menjadi 67?n pada siklus II mencapai 77%. Kata Kunci: Model Pembelajaran Discovery, Motivasi Belajar, Mata Pelajaran IPAS. |