JudulMENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPAS MELALUI METODE PEMBELAJARAN KOLABORASI DI KELAS V SD INPRES 1 TOMOLI |
Nama: LISNAWATI HALUMA |
Tahun: 2025 |
Abstrak ABSTRAK Lisnawati Haluma, 2025: Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPAS melalui Metode Pembelajaran Kolaborasi di Kelas V SD Inpres 1 Tomoli. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing I: Pahriadi dan Pembimbing II: Surahman Penelitian ini dilaksanakan di SD Inpres 1 Tomoli, Sulawesi Tengah. Permasalahan pokok dalam penelitian ini adalah apakah dengan menggunakan metode Kolaborasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran IPAS di SD Inpres 1 Tomoli. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran IPAS di Inpres 1 Tomoli melalui metode kolaborasi. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 15 orang yang terdiri dari 8 siswa laki-laki dan 7 siswa perempuan. Pelaksanaan penelitian ini mengikuti tahap penelitian yang disebut siklus. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data yang telah dilakukan, penelitian ini menunjukan bahwa hasil belajar IPAS pada siswa kelas V SD Inpres 1 Tomoli dapat ditingkatkan dengan menggunakan metode Kolaborasi. Hal ini ditunjukan oleh rata-rata presentase Ketuntasan Belajar Klasikal (KBK) sebesar 73,9% pada siklus 1 menjadi 95,65% pada siklus 2 Berdasarkan Presentasi Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan Metode Kolaborasi dapat meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Kata kunci: Metode Kolaborasi, Hasil Belajar |