Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulEVALUASI PENGELOLAAN KELAS DALAM MENANGGULANGI MASALAH KEKERASAN DI SDK SAKINAH JAYA
Nama: RADIAN
Tahun: 2025
Abstrak
Radiani, 2025. “Evaluasi Pengelolaan Kelas Dalam Menanggulangi Masalah Kekerasan Di SDK Sakinah Jaya”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako. Pembimbing, (1) Dr. Yusdin Bin. M. Gagaramusu, Lc., M.Ed (2) Nasrullah, S.Pd.I, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi strategi pengelolaan kelas yang diterapkan dalam menanggulangi masalah kekerasan di SDK Sakinah Jaya. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada maraknya kekerasan yang terjadi di lingkungan sekolah dasar, baik secara fisik maupun verbal, yang berdampak negatif terhadap proses belajar-mengajar dan perkembangan emosional peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi partisipatif, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pengelolaan kelas di sekolah tersebut melibatkan penetapan aturan kelas, pendekatan disiplin positif, serta komunikasi yang terbuka antara guru, siswa, dan orang tua. Meskipun strategi tersebut cukup efektif dalam menciptakan lingkungan belajar yang aman, masih ditemukan beberapa tantangan seperti kurangnya komunikasi antara sekolah dan orang tua serta ketakutan siswa untuk melaporkan kasus kekerasan. Oleh karena itu, diperlukan peningkatan pelatihan guru, penguatan sistem pelaporan kekerasan, serta keterlibatan aktif seluruh pihak dalam mewujudkan lingkungan sekolah yang bebas dari kekerasan. Kata Kunci: Pengelolaan kelas, kekerasan di sekolah, strategi pendidikan

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up