Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulMENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV DALAM MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DENGAN MENGUNAKAN MEDIA KLIPING DI SDN 5 DOLO KARAWANA
Nama: ISLAH
Tahun: 2025
Abstrak
Islah, 2024. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV dalam Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dengan Menggunakan Media Kliping di SDN 5 Dolo Karawana. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ihmu Pendidikan Universitas Tadulako. Pembimbing Herlina dan Zulnuraini Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang memiliki dua siklus dan empat tahap, yaitu (a) Perencanaan, (b) Pelaksanaan Tindakan, (c) Obsevasi, (d) Refleksi. Masalah yang diteliti adalah rendahnya hasil belajar. Upaya pemecahan masalah yang digunakan yaitu dengan menerapkan media kliping. Penelitian tindakan ini bertujuan untuk dapat meningkatkan hasil belajar Pendidikan Pancasila Siswa Kelas IV SDN 5 Dolo Karawana. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN 5 Dolo Karawana yang berjumlah 19 orang siswa, yang terdiri 9 orang siswa laki-laki dan 10 orang siswa perempuan. Data dikumpulkan melalui lembar observasi guru dan siswa serta tes hasil tindakan. Hasil penelitian pada siklus I menunjukan persentase ketuntasan klasikal sebesar 44%. Sedangkan pada siklus II diperoleh persentase ketuntasan klasikal sebesar 88%. Berdasarkan presentase ketuntasan hasil belajar siklus I dan siklus II, maka telah terjadi peningkatan yang signifikan yaitu sebesar 50% pada ketuntasan klasikal. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan media kliping dapat meningkatkan hasil belajar siswa SDN 5 Dolo Karawana Kelas IV pada Mata Pendidikan Pancasila. Kata kunci, Media Kliping, Hasil Belajar, Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up