Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENERAPAN METODE PEMECAHAN MASALAH SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKN SISWA KELAS V SDN KAYUMPIA
Nama: NADI
Tahun: 2025
Abstrak
Nadi, 2024. Penerapan Metode Pemecahan Masalah Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar PKN Siswa Kelas V SDN Kayumpia. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako. Pembimbing Arif Firmansyah dan Muchdar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang memiliki dua siklus dan empat tahap, yaitu (a) Perencanaan, (b) Pelaksanaan Tindakan, (c) Obsevasi, (d) Refleksi. Masalah yang diteliti adalah rendahnya hasil belajar. Upaya pemecahan masalah yang digunakan yaitu dengan menerapkan metode pemecahan masalah. Penelitian tindakan ini bertujuan untuk dapat meningkatkan hasil belajar Pendidikan Pancasila Siswa Kelas V SDN Kayumpia. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN Kayumpia yang berjumlah 6 orang siswa, yang terdiri 2 orang siswa laki-laki dan 4 orang siswa perempuan. Data dikumpulkan melalui lembar observasi guru dan siswa serta tes hasil tindakan. Hasil penelitian pada siklus I menunjukan persentase ketuntasan klasikal sebesar 50%. Sedangkan pada siklus II diperoleh persentase ketuntasan klasikal sebesar 90%. Berdasarkan presentase ketuntasan hasil belajar siklus I dan siklus II, maka telah terjadi peningkatan yang signifikan yaitu sebesar 40% pada ketuntasan klasikal. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan metode pemecahan masalah dapat meningkatkan hasil belajar siswa SDN Kayumpia Kelas V pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila. Kata kunci ; Metode Pemecahan Masalah, Hasil Belajar, Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up