JudulPENGGUNAAN MODEL TALKING STICK DALAM PROSES PEMBELAJARAN IPAS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS IV SDN RARAMPADENDE |
Nama: CRISTOFER |
Tahun: 2025 |
Abstrak ABSTRAK Cristofer, 2024. Penggunaan Model Talking Stick dalam Proses Pembelajaran IPAS untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Kelas IV SDN Rarampadende. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako. Pembimbing Herlina dan Zulnuraini. Hambatan dalam proses pembelajaran IPAS di kelas VI SDN Rarampadende adalah disebabkan karena penggunaan model yang digunakan guru masih konvensional. Sehingga siswa tidak terlibat secara aktif. Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah “Apakah model Talking Stick dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS kelas VI di SDN Rarampadende tahun pelajaran 2024/2025?”. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa setelah menggunakan model Talking Stick dalam proses belajar mengajar pada mata pelajaran IPAS siswa kelas VI SDN Rarampadende tahun pelajaran 2024/2025. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang di dalamnya terdapat dua siklus. Pengumpulan data dalam model Talking Stick ini berupa tes hasil belajar, lembar observasi, dan dokumentasi. Tes hasil belajar digunakan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa terhadap materi pelajaran IPAS mengenai Kekayaan Budaya Indonesia. Lembar observasi digunakan untuk mengetahui peningkatan aktivitas mengikuti proses belajar siswa. Lembar dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data berupa sejarah lokasi penelitian dan lain-lain. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa setelah diterapkan model Talking Stick. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan ketuntasan belajar siswa pada siklus I sebesar 58?n siklus II sebesar 84%. Atau mengalami peningkatan sebesar 26%. Rata-rata aktivitasbelajar siswa pada siklus I sebesar 68?n siklus II 81%, mengalami peningkatan sebesar 13%. Penerapan model Talking Stick ditunjukan dengan rata-rata aktivitas guru pada siklus I sebesar 78?n siklus II sebesar 81%. Atau mengalami peningkatan dari siklus I ke II sebesar 3%. Berdasarkan hasil tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa model Talking Stick meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran IPAS kelas VI SDN Rarampadende. Kata kunci ; Model Talking Stick, Hasil Belajar, Mata Pelajaran IPAS. |