Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN REALISTIK DI KELAS V SDN 11 RIO PAKAVA
Nama: AGNES GONSA THERESA
Tahun: 2025
Abstrak
Agnes Gonsa Theresa (2024). “Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Penggunaan Model Pembelajaran Realistik Di Kelas V Sdn 11 Rio Pakava”. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing1 Rizal Dan Pembimbing 2 Sisriawan Lapasere Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di SDN 11 Rio Pakava, melibatkan 29 Siswa yang terdaftar pada tahun ajaran 2024/2025. Penelitian ini menggunakan desain penelitian model Kemmis dan Mc Taggart yang terdiri atas dua siklus. Dimana pada setiap siklus dilaksanakan dua kali pertemuan di kelas dan setiap siklus terdiri empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada Tindakan siklus I diperoleh ketuntasan belajar klasikal 65.52?n Sedangkan pada Tindakan siklus II diperoleh ketuntasan belajar klasikal 86,21%.. Pada siklus I daya serap klasikal 65,52?n pada siklus II meningkat 20,69% menjadi 86,21%. Hal ini berarti pembelajaran pada siklus II telah memenuhi indikator keberhasilan dengan nilai daya serap klasikal minimal 70?n ketuntasan belajar klasikal minimal 80%. Berdasarkan nilai rata-rata daya serap klasikal dan ketuntasan belajar klasikal pada kegiatan pembelajaran siklus II, maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan Model Pembelajaran Realistik dapat meningkatkanHasil Belajar siswa kelas Di SDN 11Rio Pakava. Kata Kunci : Model Pembelajaran Realistik, Hasil Belajar

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up