JudulPENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA MELALUI METODE TANYA JAWAB PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS III SD INPRES KANUNA BIRO |
Nama: MARIE |
Tahun: 2025 |
Abstrak Marie (2025). Peningkatan Keterampilan Berbicara melalui metode Tanya jawab pada mata pelajaran bahasa indonesia di kelas III SD Inpres Kanuna Biro. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako. Pembimbing 1. Muhammad Aqil dan Pembimbing 2 Surahman. Keterampilan berbicara adalah kemampuan mengungkapkan pendapat secara lisan, baik secara berhadapan ataupun dengan jarak jauh. Rumusan masalah penelitian ini adalah Apakah dengan peningkatan keterampilan berbicara siswa kelas III SD Inpres Kanuna Biro? Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas III SD Inpres Kanuna Biro melalui Tanya Jawab Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas menunjukkan bahwa keterampilan berbicara anak mengalami peningkatan setelah diberikan tindakan melalui metode Tanya Jawab pada mata pelajaran Bahasa indonesia. Peningkatan tersebut dapat dilihat pada siklus I jumlah siswa yang tuntas sesuai harapan sebanyak 5 orang atau 41,6% meningkat pada siklus II yang tuntas jumlah siswa menjadi 11 orang atau 91,6%,. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode Tanya Jawab dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas III SD Inpres Kanuna Biro tahun ajaran 2024/2025. |