Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulMeningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas III SDN Sidondo Seberang Melalui Pendekatan Keterampilan Proses
Nama: NURJANNAH
Tahun: 2025
Abstrak
Nurjannah: Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas III SDN Sidondo Seberang melalui pendekatan keterampilan proses. Skripsi, Program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing:1 Rizal dan Pembimbing II Surahman Penelitian ini dilaksanakan di SDN Sidondo seberang, Sulawesi Tengah. Permasalahan pokok dalam penelitian ini adalah apakah dengan menggunakan pendekatan keterampilan proses dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III pada mata pelajaran IPA di SDN Sidondo Seberang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas III pada mata pelajaran IPA di SDN Sidondo seberang melalui pendekatan keterampilan proses. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan metode penelitian deskriptif dan jenis penelitian partisipatif, yaitu penelitian yang terjun langsung dalam melakukan pembelajaran dengan menerapkan pedekatan keterampilan proses. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III yang berjumlah 23 orang yang terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan. Pelaksanaan penelitian ini mengikuti tahap penelitian yang disebut siklus. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data yang telah dilakukan, penelitian ini menunjukan bahwa hasil belajar IPA pada siswa kelas III SDN Sidondo seberang dapat ditingkatkan dengan menggunakan pendekatan keterampilan proses. Hal ini ditunjukan oleh rata-rata presentase Ketuntasan Belajar Klasikal (KBK) sebesar 73,9% pada siklus 1 dan pada siklus 2 menjadi 95,65% ini dapat di simpulkan bahwa dengan menerapkan pendekatan keterampilan proses di sekolah dasar dapat meni gkatkan hasil belajar siswa tersebut. Kata kunci: keterampilan proses, Hasil Belajar.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up