Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran IPAS Di Kelas V SD Inpres Bumi Sagu
Nama: NI NYOMAN WIDIANI
Tahun: 2025
Abstrak
Ni Nyoman Widiani, (2025). “Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Hasil Belajar Siswa di Kelas V SD Inpres Bumi Sagu”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Jurusan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Yusdin Bin. M.Gagaramusu, sebagai pembimbing I, Sisriawan Lapasere sebagai pembimbing II. Penelitian ini bertujuan untuk mengatahui ada dan tidak adanya Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Hasil Belajar Siswa di Kelas V SD Inpres Bumi Sagu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Inpres Bumi Sagu tahun ajaran 2024/2025 yang berjumlah 30 siswa, 15 siswa kelas VA sebagai kelas eksperimen dan 15 siswa kelas VB sebagai kelas kontrol. Pengambilan sampel menggunakan Teknik purposive sampling. Pengambilan data menggunakan tes pilihan ganda berjumlah 15 butir soal. Analisis data menggunakan Uji Normalitas, Uji Homogenitas, dan Uji Hipotesis. Pengujian dilakukan dengan bantuan program IBM SPSS Statistik versi 27. Hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan Paired Sample T-Test atau sampel berpasangan dengan bantuan program IBM SPSS versi 27 menunjukan bahwa nilai signifikansi (<0,001) < (0,05) yang brarti Ha diterima sehingga ada pengaruh penggunaan gadget terhadap hasil belajar siswa di kelas V SD Inpres Bumi Sagu. Kata Kunci: Gadget, Hasil Belajar, IPAS

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up