Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPeningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Pair Check Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas V SD Negeri 4 Palu
Nama: JOICE PATRICIA PALUMPUN
Tahun: 2025
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 4 Palu pada mata pelajaran Bahasa Indonesia melalui penerapan model pembelajaran Pair Check. Penelitian ini dilatarbelakangi dengan rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 4 Palu tahun ajaran 2024/2025 yang berjumlah 28 siswa. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah tes hasil belajar dan lembar observasi aktivitas guru dan siswa. Analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan pada hasil belajar siswa setelah penerapan model pembelajaran Pair Check. Pada siklus I, persentase ketuntasan klasikal mencapai 55,8% meningkat menjadi 100 % pada siklus II. Peningkatan ini juga diiringi dengan peningkatan aktivitas dan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Pair Check efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas V SD Negeri 4 Palu. Kata Kunci : Hasil Belajar, Model Pembelajaran Pair Check, Bahasa Indonesia, Sekolah Dasar.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up