Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulANALISIS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI DALAM PEMBELAJARAN IPAS SDN INPRES 2 TANAMODINDI
Nama: DIAN PUSPITA SARI
Tahun: 2025
Abstrak
ABSTRAK Dian Puspita Sari, 2025. “Analisis Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi pada Dalam Pembelajaran IPAS SDN Inpres 2 Tanamodindi”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP, Universitas Tadulako, Pembimbing (I) Dr. Yusdin Bin. M, Gagaramusu, Lc., MEd (II) Muhammad Aqil, S.Pd., M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan media pembelajaran berbasis teknologi dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) di kelas IV SDN Inpres 2 Tanamodindi tahun 2025. Latar belakang penelitian ini didasari oleh pentingnya peran media pembelajaran berbasis teknologi dalam menciptakan suasana belajar yang interaktif, inovatif, serta meningkatkan kreativitas dan motivasi peserta didik. Meskipun sekolah telah memiliki sarana dan prasarana yang memadai, pemanfaatan media pembelajaran berbasis teknologi masih sangat minim. Guru cenderung menggunakan media konvensional seperti papan tulis, sehingga materi IPAS yang disampaikan kurang menarik dan tidak mampu memotivasi siswa secara optimal. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SDN Inpres 2 Tanamodindi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kendala utama dalam pemanfaatan media pembelajaran berbasis teknologi adalah kurangnya pemahaman dan keterampilan guru dalam mengoperasikan media tersebut. Selain itu, masih terdapat tantangan dalam hal adaptasi guru terhadap perubahan kurikulum dan integrasi teknologi dalam proses pembelajaran. Siswa juga cenderung kurang antusias dan mudah bosan ketika pembelajaran hanya menggunakan metode konvensional. Namun, ketika media pembelajaran berbasis teknologi mulai diterapkan, terdapat peningkatan minat dan motivasi belajar siswa, serta suasana kelas menjadi lebih interaktif dan menyenangkan. pembelajaran IPAS dapat meningkat dan tujuan pendidikan dapat tercapai secara optimal di SDN Inpres 2 Tanamodindi. Kata Kunci: Media Pembelajaran, Teknologi, IPAS, Sekolah Dasar, Motivasi Belajar

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up