JudulMENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADA MATA PELAJARAN MODEL SBDP KELAS V SDN 6 BUNOBOGU |
Nama: WARNI R DJUNAIDI |
Tahun: 2024 |
Abstrak ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui pembelajaran berbasis masalah pada mata pelajaran SBDP kelas V SDN 6 Bunobogu. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang menggunakan desain penelitian Kemmis dan McTaggart yang terdiri atas dua siklus. Di mana pada setiap siklus dilaksanakan dua kali pertemuan di kelas dan setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 6 Bunobogu, melibatkan 19 orang siswa yang terdiri dari 10 orang siswa laki-laki dan 9 orang siswi perempuan yang terdaftar pada tahun ajaran 2022/2023. Hasil penelitian menunjukkan hasil analisis tes akhir tindakan siklus I, diperoleh 11 orang siswa tuntas dari 19 jumlah siswa dengan persentase ketuntasan klasikal mencapai 57,89?n daya serap klasikal adalah 64,21%. Hasil tersebut bila dibandingkan dengan nilai rata-rata sebelum tindakan yaitu sebesar 56,97%, terdapat peningkatan setelah menerapkan pembelajaran dengan metode pembelajaran berbasis masalah, karena ketuntasan klasikal belum mencapai 80% sehingga peneliti perlu melanjutkan ke siklus II. Sementara hasil yang diperoleh pada siklus II jauh lebih baik daripada hasil yang diperoleh pada siklus I. Dari analisis hasil belajar siklus II, diketahui bahwa semua siswa tuntas dengan persentase ketuntasan klasikal mencapai 100?n daya serap klasikal mencapai 88,42%. Hal ini menunjukkan pencapaian tujuan pembelajaran dan hasil belajar sudah memenuhi indikator kinerja yang ditentukan, maka dapat disimpulkan bahwa perbaikan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran SBDP di SDN 6 Bunobogu. Kata kunci : Hasil Belajar Siswa, Pembelajaran Berbasis Masalah, SBDP |