JudulANALISIS PERAN GURU DALAM MATA PEMBELAJARAN SENI BUDAYA DAN PRAKARYA DI KELAS V SD NEGERI WINOWANGA |
Nama: DEIGRINA BANGGUNA |
Tahun: 2025 |
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana peran guru dalam mata pembelajaran seni budaya dan prakrya di kelas v SD Negeri Winowanga. Penelitian ini menggunakan jenis penelitan kualitatif deskrptif. Subjek penelitian ini adalah guru kelas v SD Negeri Winowanga. Instrumen dalam penelitian ini adalah berupa lembar observasi,lembar wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa analsis guru dalam pemebelajaran seni budaya dan prakarya di kelas v SD Negeri winowanga lembar observasi menunjukan bahwa indikator peran guru menunjukan guru belum optimal dalam menyediakan materi yang di ajarkan guru tidak memanfaatkan dan mengembangkan mater, tidak mencari referensi untuk mengembangkan materi. Hasil wawancara menjelaskan bahwa pengetahuan tentang seni rupa terbatas menjadikan penghalang bagi guru untuk melaksanakan pembelajaran seni, guru terbatas dalam menyampaikan materi di karenakan keterbatasan saran dan prasaran guru tidak mempunyai keahlian dalam seni. Dapat di simpulkan bahwa telah di lakukan penelitian mengenai analisis peran guru dalam mata pembelajaran seni budaya dan prakarya di kelas v SD Negeri Winowang dengan hasil peran guru di kelas v SD Negeri winowanga kurang baik. |