JudulPENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING (PJBL) UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA PADA MATA PELAJARAN SENI RUPA DI KELAS V SDN 1 TALISE |
Nama: MOH AKMAL |
Tahun: 2025 |
Abstrak Moh Akmal, 2025. “Penerapan Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa pada Mata Pelajaran Seni Rupa di Kelas V SDN 1 Talise”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP, Universitas Tadulako. Pembimbing (I) Andi Imrah Dewi, (II) Kadek Hariana. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas siswa pada mata pelajaran Seni Rupa melalui penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) di kelas V SDN 1 Talise. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah 24 siswa kelas V SDN 1 Talise tahun ajaran 2024/2025. Data dikumpulkan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kreativitas siswa melalui penerapan model PjBL. Pada siklus I ketuntasan klasikal kreativitas siswa sebesar 68,18%, meningkat menjadi 86,36% pada siklus II. Observasi aktivitas guru juga meningkat dari 89,47% pada siklus I menjadi 96,05% pada siklus II. Sementara itu, observasi aktivitas siswa meningkat dari 63,63% pada siklus I menjadi 81,81% pada siklus II. Peningkatan kreativitas siswa ditunjukkan melalui kemampuan menghasilkan banyak gagasan, jawaban, dan saran dalam penyelesaian masalah, serta keterampilan berpikir orisinil, rasa ingin tahu, dan keterlibatan aktif dalam tugas yang diberikan. Dengan demikian, penerapan model PjBL terbukti memberikan pengalaman belajar yang bermakna, meningkatkan motivasi, serta mengembangkan keterampilan berpikir kreatif, kritis, dan kolaboratif siswa. Model ini efektif digunakan dalam pembelajaran seni rupa untuk meningkatkan kreativitas siswa sekolah dasar. Kata kunci: Project Based Learning, kreativitas, seni rupa, siswa sekolah dasar |