Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENERAPAN PERMAINAN EDUKATIF DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SD INPRES 5 LOLU
Nama: FAUZIA BADARAB
Tahun: 2025
Abstrak
Fauzia Badarab, (2025). Penerapan Permainan Edukatif Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika di Kelas IV SD Inpres 5 Lolu. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Dosen Pembimbing: Yun Ratna Lagandesa, S.Pd.,M.Pd dan Muhammad Aqil, S.Pd.,M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika di kelas IV SD Inpres 5 Lolu dengan Penerapan Permainan Edukatif ( Permainan Monopoli ) Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan desain penelitian Kemmis dan Mc Taggart. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Inpres 5 Lolu yang berjumlah 21 siswa. Instrumen penelitian menggunakan tes akhir, lembar observasi, dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis data kuantitatif. Hasil Belajar siswa pada siklus I diperoleh 38?n pada siklus II diperoleh 90,4%. Hasil observasi aktivitas guru pada siklus I diperoleh 90,3?n siklus II diperoleh 98,5%. Hasil observasi siswa siklus I diperoleh 97,7?n siklus II diperoleh 97%. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan hasil belajar siswa melalui Penerapan Permainan Edukatif di kelas IV pada mata pelajaran Matematika SD Inpres 5 Lolu. Kata Kunci: Permainan Edukatif (Permainan Monopoli), Hasil Belajar, Matematika.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up