JudulANALISIS FAKTOR-FAKTOR KESULITAN SISWA DALAM MEMAHAMI PEMBELAJARAN IPAS (KURIKULUM MERDEKA) SD AL-KHAIRAAT TONDO |
Nama: SUHARYANTO |
Tahun: 2025 |
Abstrak ABSTRAK SUHARYANTO,2025. Analisis Faktor-Faktor Kesulitan Siswa Dalam Memahami Pembelajaran IPAS (Kurikulum Merdeka) SD Al-Khairaat Tondo, Kecamatan Mantikulore, Kota Palu. Skripsi. Program Studi Pendidikan Skolah Dasar, FKIP, Universitas Tadulako, Pembimbing (I) Andi Imrah Dewi (II) Nurul Fitriah Aras. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang menyebabkan kesulitan siswa dalam memahami pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) pada Kurikulum Merdeka di SD Al-Khairaat Tondo. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket. Subjek penelitian terdiri dari siswa kelas III yang berjumlah 24 siswa terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan dan guru kelas III. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesulitan siswa dipengaruhi oleh beberapa faktor, yaitu: (1) keterbatasan pemahaman terhadap konsep-konsep IPAS yang bersifat abstrak, (2) rendahnya minat belajar siswa terhadap mata pelajaran IPAS, (3) keterbatasan media pembelajaran yang interaktif, serta (4) strategi pembelajaran yang belum sepenuhnya disesuaikan dengan karakteristik Kurikulum Merdeka (5) faktor lingkungan belajar, baik di rumah, maupun di sekolah, turut mempengaruhi proses pemahaman siswa. Temuan ini menunjukkan perlunya peningkatan pendekatan pembelajaran yang lebih kontekstual, penggunaan media yang variatif, serta pelatihan bagi guru dalam implementasi Kurikulum Merdeka untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi metamorfosis makhluk hidup. Kata Kunci: Kesulitan Belajar, IPAS, Kurikulum Merdeka, Siswa Sekolah Dasar. |