JudulPENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS AUGMENTED REALITY DALAM PEMBELAJARAN IPAS PADA MATERI BAGIAN TUBUH TUMBUHAN KELAS IV SD NEGERI LASOANI |
Nama: SRI MUNAWARAH |
Tahun: 2025 |
Abstrak Sri Munawarah, 2025. “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality Dalam Pembelajaran IPAS Pada Materi Bagian Tubuh Tumbuhan Kelas IV SD Negri Lasoani”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Universitad Tadulako, Pembimbing (1) Nasrullah (2) Nurul kamisani. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis Augmented Reality (AR) untuk mata pelajaran IPAS, dengan fokus pada materi Bagian Tubuh Tumbuhan untuk siswa kelas empat di Sekolah Dasar Negeri Lasoani. Latar belakang menyoroti tantangan yang dihadapi siswa dalam memahami konsep abstrak seperti anatomi tumbuhan menggunakan media 2D konvensional dalam kerangka Kurikulum Merdeka. Untuk mengatasi hal ini, penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian dan Pengembangan (R&D) dengan model ADDIE, yang mencakup fase analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, validasi ahli, dan kuesioner respons pengguna. Media AR yang dikembangkan divalidasi oleh ahli media dan materi, mencapai skor kelayakan tinggi masing-masing 86,66?n 83,15%. Respons siswa menunjukkan skor daya tarik sebesar 85,60%, sementara respon guru menunjukkan skor praktikalitas sebesar 94%, keduanya dikategorikan sangat valid. Hasil ini menunjukkan bahwa media berbasis AR secara efektif mengubah konten abstrak menjadi visualisasi interaktif, meningkatkan keterlibatan siswa, dan mendukung pembelajaran yang bermakna. Kesimpulannya, media pembelajaran AR yang dikembangkan merupakan inovasi yang valid dan praktis yang dapat meningkatkan pemahaman siswa tentang bagian-bagian tubuh tumbuhan dan berpotensi untuk diaplikasikan lebih luas pada topik-topik abstrak lainnya dalam mata pelajaran IPAS. Kata kunci: Augmented Reality (AR), IPAS, Pendidikan Dasar |