JudulPENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK-PAIR-SHARE (TPS) DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO TERHADAP HASIL BELAJAR SBdP SISWA KELAS V SDN MEKARSARI |
Nama: SERLINDA TOII |
Tahun: 2025 |
Abstrak Serlinda Toii, 2025. “Pengaruh Model Pembelajaran Think-Pair-Share (TPS) Dengan Menggunakan Media Video Terhadap Hasil belajar SBdP Siswa Kelas V SDN Mekarsari”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing 1 Yun Ratna Lagandesa, S.Pd.,M.Pd pembimbing 2 Pahriadi, S.Pd.,M.Pd. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetaui pengaruh model pembelajaran TPS dengan menggunakan media video terhadap hasil belajar siswa kelas V SDN Mekarsari. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Mekarsari yang berjumlah 23 orang siswa. Desain dalam penelitian ini adalah model Pre-Experimental Design. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan penelitian maka dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut: hasil analisis data dalam penelitian ini menunjukan bahwa lebih besar dari , adapun jumlah adalah 16,179 sedangkan jumlah pada taraf signifikan 5%, d.b (N-1) = 23-1 = 22 adalah 1,717. Sehingga Ho dalam penelitian ini ditolak dan Ha diterima, artinya terdapat pengaruh hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran TPS dengan menggunakan media video pada mata pelajaran SBdP dikelas V SDN Mekarsari. Kata Kunci: Model Pembelajaran TPS, Media Video, Hasil Belajar, SBdP |